Biar Nggak Jadi Ayah Gaptek, Kenali Jenis-jenis Fintechilustrasi mengenal jenis-jenis fintech
i

Biar Nggak Jadi Ayah Gaptek, Kenali Jenis-jenis Fintech

Indonesia sebagai negara yang berkembang sedang mengalami transisi dari transaksi tunai menuju transaksi non-tunai. Program yang ditawarkan mencakup internet banking, mobile banking, dan SMS banking sebagai inovasi dalam dunia perbankan. Kondisi ini tentu memudahkan Anda dalam mengurus finansial. Hanya bermodalkan internet dan smartphone, dunia berasa di tangan.

Kebutuhan finansial merupakan sebuah hal yang sangat penting, contohnya financial technology alias fintech. Berdasarkan pengertian, fintech adalah layanan finansial berbasis teknologi yang terdiri dari pembayaran, investasi, peminjaman (lending), perencanaan (personal finance) dan riset keuangan. Nah, mumpung tren di-2019, bisnis fintech bakal terus berkembang, coba kenali dulu beberapa jenis-jenis fintech di bawah ini.

Pembayaran

Tidak semua orang memiliki kartu kredit, sehingga fasilitas pembayaran dalam ranah fintech sangatlah membantu. Ada beberapa perusahaan pembayaran yang dapat memberikan layanan berupa dompet elektronik dan bisa diisi ulang seperti  belanja online, pembayaran telepon, listrik, bebas transfer, dan sebagainya.

Investasi

Indonesia memiliki beberapa start-up yang dapat dengan memberikan kemudahan Anda mengaskes bidang investasi, seperti Bareksa (marketplace Reksa Dana) dan IpotFund (supermarket Reksa Dana). Fungsi investasi di sini, sama dengan pada umumnya. 

Peminjaman

Program ini menawarkan pinjaman secara online tanpa jaminan untuk kebutuhan kecil dalam jangka pendek Anda. Jumlah pinjaman tergantung pihak pemberi, biasanya dipatok dalam jangka waktu tertentu.

Proses pengajuan cukup mudah dan cepat. Dana dijanjikan dicairkan (masuk rekening) paling lambat dua hari sejak pengajuan untuk pinjaman pertama, serta tiga jam untuk pinjaman berikutnya.

Riset keuangan

Start-up di bidang riset keuangan memang belum berkembang pesat di Indonesia. Salah satu perusahaan yang melayani riset dan data adalah Infovesta.com.

Infovesta.com berguna untuk Anda yang senang berinvestasi melalui berbagai jenis investasi, mulai dari produk perbankan hingga pasar modal.

Tidak hanya mendapatkan informasi berupa opini atau berita terkini, namun juga melalui berbagai data dan alat yang dapat anda gunakan untuk keperluan investasi.

Maka dari itu, ketika mengambil langkah investasi, Anda tidak akan terpaku pada kabar yang beredar namun juga angka-angka yang dapat  diproyeksikan.

Perencanaan keuangan

Perencana keuangan biasanya sebuah hal yang berperan sebagai hal yang belum dilakukan oleh sebagian besar orang. Anda dapat melakukannya dengan cara mengakses ngaturduit.com.

Situs ngaturduit.com contohnya, dapat membantu bagi yang merasa kesulitan dalam mengatur keuangan. Dengan berbagai alat yang tersedia, jenis fintech ini menyediakan konsultan keuangan yang dapat berinteraksi langsung mengenai kondisi finansial kalian secara pribadi.

Perkembangan teknologi saat ini semakin canggih dan masif, sehingga penting bagi Anda untuk dipelajari demi mempermudah kehidupan.

Jadi, udah tahu kan apa aja jenis-jenis fintech? Sekarang Anda nggak ada alasan untuk tidak melek finansial!

Latest

View All