Inspirasi Usaha Bermodal Kecil yang Bisa Anda Coba dari SekarangIlustrasi Usaha Bermodal Kecil
i

Inspirasi Usaha Bermodal Kecil yang Bisa Anda Coba dari Sekarang

Mulai bosan dengan karier yang gitu-gitu aja? Atau mau mencari duit tambahan dari sampingan tapi modal kurang? Sebenarnya, menentukan jenis usaha untuk dirintis bukanlah hal yang sulit. Anda bisa melakukannya sendiri maupun bekerja sama dengan teman.

Memang salah satu kendala usaha adalah modal yang dibutuhkan tidak sedikit. Tapi jangan berkecil hati dulu! Masih banyak usaha yang tidak membutuhkan modal besar, namun tetap menghasilkan.

Dengan menyisihkan sisa gaji, Anda bisa mulai melakukan bisnis dengan modal kecil dan berjangka panjang. Dengan catatan tanpa biaya untuk sewa dan lain-lain karena usaha kecil bisa menggunakan yang sudah ada. Seperti rumah atau tempat yang memadai dengan biaya sewa yang murah.

Berikut usaha dengan modal kecil pilihan yang Fader sarankan untuk Anda.

Bisnis kuliner.
Sumber: shutterstock.com
Sumber: shutterstock.com

Kalau Anda punya hobi memasak atau wisata kuliner, bisnis ini cocok banget. Tak sedikit orang yang sukses menjalankan bisnis ini. Wajar saja, soalnya makanan adalah kebutuhan pokok sehari-hari. Selama bisa mempertahankan dengan inovasi dan bisa bertahan di pasar, dijamin bakal bertahan sampai lama.

Jasa editing foto dan printing.
Sumber: shutterstock.com
Sumber: shutterstock.com

Kemampuan editing seperti Photoshop tidak semua dimiliki oleh orang. Pasar konsumen dari bisnis jenis ini juga cukup populer dan dibutuhkan baik di kalangan remaja maupun di kalangan kantoran. Dengan modal 1 printer dan 1 laptop/desktop computer dengan spesifikasi yang biasa saja Anda sudah bisa memulai usaha ini.

Bisnis konveksi/menjahit.
Sumber: shutterstock.com
Sumber: shutterstock.com

Kebutuhan sandang saat ini semakin marak. Tidak dipungkiri, masih banyak orang yang butuh membuat dan menjahit baju dalam skala besar. Terutama bagi partai politik ataupun lembaga-lembaga yang mementingkan kuantitas dan harga yang murah.

Bisnis pulsa.
Sumber: shutterstock.com
Sumber: shutterstock.com

Bisnis pulsa sudah sangat populer dari jaman awal 2000-an. Tapi apakah usaha jual pulsa konvensional sekarang masih banyak dibutuhkan? Ternyata masih sangat dibutuhkan!

Investasi online.
Sumber: shutterstock.com
Sumber: shutterstock.com

Kemajuan teknologi memang sudah tidak diragukan lagi. Gak perlu keluar rumah, dari internet pun bisa dijalankan. Banyak platform yang bisa Anda manfaatkan, mulai dari cryptocurrency sampai investasi di bank secara digital.

Online shop.
Sumber: shutterstock.com
Sumber: shutterstock.com

Membuat toko online sekarang sangatlah mudah. Dengan hadirnya berbagai wadah yang memang sudah menyediakan “tempat” digital untuk berjualan, semakin mudah juga untuk Anda membangun toko Anda sendiri. Anda hanya perlu mencari dan mematangkan konsep serta barang yang akan dijual. Langkah awal untuk membuka online shop bisa dengan melakukan riset dulu ke target yang Anda sasar.

Bermain iklan web.
Sumber: shutterstock.com
Sumber: shutterstock.com

Anda punya situs atau blog dengan traffic yang cukup tinggi? Wah, ini bisa banget dimanfaatkan untuk dipasangkan iklan berbayar! Lumayan untuk tambah-tambah uang belanja istri.

Jasa pembuatan web.
Sumber: shutterstock.com
Sumber: shutterstock.com

Membuat web memang tidak mudah dan tidak banyak yang mempunyai kemampuan yang dibutuhkan. Tapi, jika mempunyai skill ini, manfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan membuka jasa pembuatan situs. Lagipula sekarang sudah banyak juga kursus gratisan di internet yang bisa Anda manfaatkan untuk memperdalam kemampuan di bidang ini. Di zaman sekarang, jasa pembuatan website sangatlah dihargai.

Latest

View All