Lamanya Anda Tidur Ternyata Berpengaruh pada PenghasilanIlustrasi Lamanya Anda tidur Ternyata Berpengaruh pada Penghasilan
i

Lamanya Anda Tidur Ternyata Berpengaruh pada Penghasilan

Selain baik untuk kesehatan, ternyata tidur juga berpengaruh pada pendapatan Anda. Kok bisa?

Dalam penelitian yang berjudul Time Use and Productivity: The Wage Returns to Sleep, ahli ekonomi Matthew Gibson dan Jeffrey Shrader mengungkapkan bahwa tidur diduga berkaitan dengan seberapa banyak Anda menghasilkan uang.

Dalam eksperimennya, Gibson membandingkan hasil pendapatan penduduk di negara bagian Amarillo, Texas dengan upah penduduk Huntsville, Alabama. Kedua area itu berada di lokasi yang berlawanan, namun memiliki pembagian waktu yang sama. Walaupun mereka mempunyai jam yang sama, malam datang lebih awal satu jam di Amarillo dan menyebabkan warganya tidur lebih awal.

Berbeda dengan Amarillo, Matahari di Huntsville tenggelam lebih lambat. Ini mengakibatkan warganya tidur rata-rata satu jam lebih sedikit dibanding penduduk Amarillo.

Perbedaan lamanya tidur antar negara bagian ini ternyata berpengaruh pada penghasilan mereka. Gibson dan Jeffrey menemukan bahwa warga Amarillo yang tidur lebih banyak menghasilkan peningkatan upah jangka panjang sebanyak 4,5% daripada penduduk Huntsville.

Hasil penelitian tersebut relevan dengan penelitian lain yang menguji pengaruh lamanya tidur terhadap kemampuan kognitif manusia. Para peserta kemudian dibagi  ke dalam tiga kelompok: kelompok yang tidur selama empat, enam, dan delapan jam setiap harinya selama masa penelitian berlangsung.

Hasilnya menunjukkan kelompok yang tidur selama empat dan enam jam menunjukkan penurunan kemampuan berpikir yang stabil. Bahkan, setelah dua minggu, kelompok enam jam menunjukkan reaksi yang sama dengan orang mabuk yang memiliki kadar alkohol darah sebanyak 0,10%.

Kelompok yang tidur selama empat jam tampak lebih buruk keadaannya, terkadang mereka tertidur selama tes kognitif berlangsung. Kedua kelompok ini menunjukkan fungsi otak yang menurun dari hari ke hari.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa waktu ideal untuk tidur berada di rentang tujuh hingga delapan jam. Bagaimana jika tidur lebih dari delapan jam? Hal tersebut memang tidak akan mempengaruhi fungsi kognitif, tetapi sangat berpengaruh dalam meningkatkan risiko gagal jantung, liver, kegemukan, diabetes, dan kematian hingga 30%.

Oleh sebab itu, mulai sekarang tidur yang cukup. Jangan kurang, jangan lebih agar kemampuan berpikir kita tetap terjaga dan pendapatan pun bisa meningkat!

Latest

View All