Naik Kendaraan Umum 3 Bulan Bisa Beli Velg Baru? Yakin?sumber:unsplash
i

Naik Kendaraan Umum 3 Bulan Bisa Beli Velg Baru? Yakin?

Salah satu derita buat anak mobil itu kalau misal ada velg keluaran terbaru dan jatah jajan velg udah abis. Iya nggak? Ingin rasanya minggu ini jalan pake Rays TE37 atau Rotiform dengan efek bronze-nya yang bikin temen tongkrongan ngiler dan mempertanyakan keputusan hidup mereka. Mau boros bulan ini tapi males ribut sama istri, nyari tambahan uang ya bisa aja sih, tapi sebenernya ada cara yang lebih efektif lho buat ngirit uang. Pake kendaraan umum ke kantor!

Ya.. walaupun di Indonesia kendaraan umum bisa dibilang masih terbatas dan kualitasnya kurang bagus, tapi dalam waktu beberapa bulan aja kita udah bisa dapetin velg impian dari banyaknya uang yang bisa kita hemat, ga percaya?


Mari kita berhitung, anggap aja kita tinggal di kota yang sama dengan kantor, ya 5-10 KM lah jarak rumah dan kantor. Pengeluaran kotornya untuk bensin anggap aja Rp250.000/minggu, parkir Rp750.000/hari, tol Rp300.000/bulan. Ditotalin dalam sebulannya keluar Rp.2.050.000, belum lagi kalau buat jarak yang lebih jauh lagi.

Gak cuma itu, biaya perawatan mobil juga penting kan. Gimana kalau kampas kopling yang selip? Keganggu deh tuh proses powertrain dari mesin ke transmisi jadi semua RPM yang bisa disalurin. Makin boros bensin, ditambah mesin belum Tune-Up, Haduh.

Dibuktikan sama Fader warga Bogor, Molan, yang sehari-hari berkendara dengan Mercy Boxer tahun 90 yang Ia beli second dari orang Bantar Gebang. Ia mengaku menghabiskan hampir Rp.4jt per bulannya untuk biaya transportasi dari rumah ke kantornya yang berada di daerah Sarinah. “Coba bayangin kalau naik umum bisa murah banget, krl Rp.6.000 pp, ojeg online Rp14.000 pp ditotal paling Cuma Rp.440.000 sebulan, banyak banget kan yang bisa ditabung sebenernya” ujar Molan membandingkan.

Di samping itu juga ada biaya yang nggak bisa dihitung dengan uang, seperti stress yang ditmbulkan akibat kemacetan, pegel-pegel badan gara-gara gas-rem, gas-rem pas jalanan lagi padet banget dan tekanan batin pas ada di belakang emak-emak penguasa jalanan yang masang sen ke kanan beloknya ke langit.

Dari hitungan kasar yang bisa dihitung di atas aja udah bisa disimpulkan naik kendaraan umum bisa jadi sumber pendapatan lain untuk jajan velg. Kalau di kasusnya Molan, dia bisa ngumpulin hampir Rp.3.500.000/bulannya. Dalam waktu tiga atau empat bulan aja udah kebeli tuh velg impian baru yang bisa bikin ibu-ibu yang masang sen kanan melirik dan beneran belok kanan gara-gara kearifan velg baru kita itu. Mantap kan!

Latest

View All