Mengapa Anak Perempuan Butuh Sosok Ayah?ilustrasi Mengapa Anak Perempuan Butuh Sosok Ayah
i

Mengapa Anak Perempuan Butuh Sosok Ayah?

Dilansir dari Fatherly, sebuah penelitian membuktikan peran ayah kurang-lebih sama pentingnya bagi anak laki-laki dan perempuan hingga sang anak mencapai pubertas. Ternyata, anak laki-laki dan perempuan yang memiliki ayah yang baik punya potensi lebih unggul dalam berbagai hal dibanding teman-teman sebaya mereka, lho!

Tetapi tak hanya itu saja peran penting ayah bagi anak. Kehadiran ayah juga berfungsi penting dalam membentuk perilaku seksual anak perempuan nantinya.


Jika Anda adalah sosok yang cuek serta nggak terlalu peduli  dengan lingkungan sosial dan psikologi anak perempuannya, akibat yang berpotensi muncul adalah anak perempuan Anda akan cenderung lebih rentan terhadap perilaku seksual yang berisiko buruk.

Masalah ini digambarkan oleh DelPriore yang meneliti 101 pasangan yang berusia 18-36. Dalam studi tersebut, terlihat bahwa dua perempuan yang dibesarkan dalam keluarga yang sama-sama punya peran ayah yang baik mampu menghindari perilaku seks bebas dibanding dengan perempuan yang dibesarkan dalam kondisi rumah yang kurang baik.

Dalam penelitiannya, DelPriore juga menemukan bahwa anak perempuan yang tak banyak belajar dari ayahnya cenderung nggak terlalu memikirkan hubungan jangka panjang.

Untuk dapat mencegah terjadinya risiko tersebut, menjadi ayah yang “hangat dan terlibat” bisa melindungi anak perempuan.

Seperti apa sih sebenarnya “ayah yang hangat dan terlibat”? DelPriore mengartikan mereka adalah ayah yang berperilaku hangat dan membangun interaksi yang baik dengan anak-anak. Jenis ayah ini adalah ayah yang membantu mengerjakan pekerjaan rumah, menghadiri kegiatan sosial, dan jarang menghina anak dengan perilaku dingin.

“Luangkan waktu, dengarkanlah mereka, belajarlah tentang kehidupan mereka, datang ke acara-acara penting, berikan dukungan emosional pada anak perempuan Anda. Para ayah tidak harus menjadi ayah yang sempurna dan berusaha keras bagi putri mereka untuk membuat perubahan besar,” kata DelPriore.

Nah, kira-kira apakah Anda sudah termasuk menjadi ayah yang baik untuk anak perempuan Anda?

Latest

View All