Pilihan Kegiatan Edukatif untuk Liburan yang Seru Buat Anakilustrasi kegiatan edukatif anak.
i

Pilihan Kegiatan Edukatif untuk Liburan yang Seru Buat Anak

Liburan sekolah sudah datang. Mungkin saat ini Anda sedang mempertimbangkan untuk memberikan hadiah apa yang paling cocok untuk anak Anda. Setelah dapat ranking 10 besar atau bahkan hadiah Natal bagi Anda yang merayakannya. Mungkin saatnya Anda memberikan sesuatu yang berbeda. Berilah mereka pengalaman daripada barang-barang. Saat ini udah banyak penyedia kegiatan edukatif anak yang atraktif. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

Kembangkan sense of art anak.

Ganara Art Space merupakan ruang yang menyediakan berbagai workshop dan kegiatan seni untuk berbagai kalangan. Selain untuk remaja dan dewasa, terdapat kelas anak-anak yang dibagi menjadi kategori: toddler art dengan peserta berumur 1-3 tahun, pre-school art (3-4 tahun), junior art (5-7 tahun).

Untuk program akhir tahun, mereka menyediakan paket holiday program dengan berbagai kegiatan. Dari mulai kelas tujuh sistem sensori pada anak, pengembangan kemampuan sosial dan kreatif hingga kelas melukis dan membuat tanah liat. Biaya yang harus dikeluarkan berkisar dari Rp300.000 untuk satu kali pertemuan dan terdapat berbagai paket sesuai jumlah pertemuan. Jika Anda menginginkan kelas yang tak terbatas, Anda perlu membayar sebesar Rp6.500.000 untuk akses selama setahun penuh.

Bertempat di Kemang, Jakarta Selatan, yang terkenal dengan jajaran galeri seninya, Ganara juga menyediakan playground yang tak kalah edukatif dengan kelasnya. Ada tiga arena yang bisa anak nikmati yaitu sensory board untuk mengasah kemampuan sensori mereka, lacing board yang digunakan untuk mendorong pola pikir anak dalam memecahkan masalah dan arena teater untuk mengembangkan daya kreasi mereka. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp100.000/anak selama 2 jam.

Bangunkan minat anak di bidang engineering.

Segala benda di sekitar kita dibuat oleh para engineer menggunakan sains dan seni. Sekolah juga mungkin sudah mengajarkan hal ini pada anak, tetapi seberapa banyak sekolah yang memberi mereka pengalaman praktis di bidang tersebut? Di Indonesia, sih bisa dikatakan sangat sedikit. Anak-anak adalah makhluk yang sangat imajinatif, meskipun begitu bukan berarti mereka dapat melihat semua kemungkinan di hidup ini tanpa bantuan dari pihak luar.

Untuk tujuan itulah, Engineering For Kids (EFK) hadir di sini, anak akan ditantang untuk mengembangkan pikirannya dari sisi logis dan kreatifnya. Mereka akan mendorong anak-anak untuk menemukan cara sesuatu bekerja dan memotivasi mereka untuk belajar konsep matematika dan sains. Anak juga akan dilibatkan dalam masalah teknis yang terjadi pada keseharian mereka dengan cara yang sangat seru, mereka tak akan merasa sedang berada dalam kelas sains.

Kegiatan EFK dibagi per usia dari 4-14 tahun. Meliputi bidang aerospace, chemical, civil, electrical, mechanical, marine, industrial, environmental, software dan hardware. Implementasinya sesederhana membahas slime yang biasa mereka mainkan, atau membangun roller coaster, balon udara bahkan robot dan video game.

Tujuan lain dari EFK tentu untuk meningkatkan keinginan mereka untuk mengeksplorasi engineering/teknik sebagai pilihan karier. Tersedia di kota Jakarta, Palembang, hingga Batam. EFK telah menyusun program liburan akhir tahun ini bernama Winter Camp 2018, berisi berbagai kelas menarik yang dapat menyulut semangat mereka di bidang sains kreatif. Anda bisa mendaftarkan anak Anda di program ini dengan membayar biaya sebesar Rp1.800.000 per anaknya.

Gali kemampuan rancang busana pada anak.

Jika anak Anda hobi menggambar, terutama menggambar sketsa busana, atau sekadar terlihat menyukai dunia fesyen, Anda dapat menyalurkan minat dan bakat mereka di MKLAV yang terletak di Kawasan Mega Kuningan, Jakarta. MKLAV menyediakan wadah bagi si kecil untuk menggali rasa penasaran mereka terhadap dunia mode.  

Melalui pendidikan inspiratif dan keterampilan kreatif, kepercayaan diri dan imajinasi serta kreativitas anak di area fesyen akan digugah. Lewat kurikulumnya tentang unsur desain, warna, tekstil dan jahit, mereka akan diajarkan untuk mengeksplorasi dunia fesyen yang dapat mengubah dunia. Selain itu, keterampilan motorik dan artistik anak tentu akan meningkat

Program MKLAV, Fashion for Kids direkomendasikan untuk anak berusia 6-10 tahun. Program ini berlangsung selama 1 bulan yang di bagi dalam 4 sesi.

Meskipun judulnya kelas dan berbasis pengembangan minat dan bakat anak, konsep ketiga program di atas termasuk ramah anak. Mereka mungkin tak akan menyadari sedang berada di kelas.

Menghadiahkan kegiatan edukatif anak akan menjadi  keseruan tersendiri bagi anak, karena bagaimanapun tak seperti benda yang suatu hari mungkin akan rusak atau hilang, pengalaman akan tinggal lebih lama pada anak. Siapa tahu, melalui satu pengalaman di liburan akhir tahunnya kali ini, ia menemukan kariernya untuk masa depan.

Selamat berlibur sambil belajar!

Latest

View All