5 Olahraga Peningkat Daya Kerja Otakolahraga peningkat daya kerja otak
i

5 Olahraga Peningkat Daya Kerja Otak

Pernah merasa kehilangan konsentrasi saat sedang bekerja? Tak hanya kurang fokus, tapi juga mengantuk atau jadi malas-malasan. Sudah dicoba minum kopi atau air putih pun ternyata tak berpengaruh untuk memusatkan pikiran Anda pada tugas yang harus diselesaikan. Sudah mengambil waktu jeda atau bahkan liburan, tetapi hasilnya malah membuat kerjaan jadi ngaret atau bahkan terbengkalai.

Sebenarnya, ada banyak cara yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan konsentrasi. Salah satu cara terbaik yang perlu dicoba adalah berolahraga. Asal dilakukan dengan teratur, olahraga di bawah ini akan membuat konsentrasi bertambah.

Catur
Catur
Sumber: shutterstock.com

Walaupun beberapa orang menganggap olahraga ini membosankan, tapi bermain catur sangat bermanfaat bagi otak. Catur mampu meningkatkan konsentrasi, kecepatan berpikir, serta kesabaran Anda. Tak mengherankan sebenarnya, karena olahraga ini memang memang membutuhkan ketelitian dan analisis yang mendalam.

Panahan
Panahan (www.shutterstock.com)
Sumber: shutterstock.com

Panahan bukanlah olahraga yang hanya membutuhkan kekuatan lengan tangan saja. Olahraga ini juga “memaksa” Anda untuk mempraktikkan kesabaran serta konsentrasi tinggi. Fokus dan ketenangan dibutuhkan untuk melepas panah menuju target dengan tepat.

Bersepeda
Cycling
Sumber: shutterstock.com

Tak hanya menyenangkan dan berguna bagi kesegaran fisik, bersepeda ternyata juga dapat menyumbang banyak manfaat ke otak Anda. Dengan bersepeda, Anda dapat mengurangi stres dan tekanan pada pikiran.

Berenang
swimming
Sumber: shutterstock.com

Biasanya olahraga renang dimanfaatkan untuk melatih pernafasan, menambah tinggi badan, atau sekadar mengisi waktu luang. Nah, Anda juga dapat melatih otak dengan olahraga air ini. Jika berlatih dengan gaya yang ditentukan pada regulasi renang, konsentrasi sangatlah dibutuhkan agar bisa menghasilkan gerakan renang yang apik dan dinamis.

Bela Diri
Bela Diri
Sumber: shutterstock.com

Melakukan olahraga ini ternyata tidak hanya butuh persiapan fisik, tapi juga pemusatan pikiran. Anda juga harus selalu siaga menyiapkan strategi dan langkah demi langkah yang akan diambil untuk menghadapi lawan ketika sedang bertanding.

Demikian beberapa jenis olahraga yang berguna untuk meningkatkan daya pikir Anda. Kira-kira Anda tertarik untuk mencoba yang mana, nih? Atau mungkin Anda punya rekomendasi olahraga seru lainnya?

Latest

View All