Buat Mental Lebih Sehat dengan Travelingilustrasi Buat Mental Lebih Sehat
i

Buat Mental Lebih Sehat dengan Traveling

Tanpa pernah disadari, Anda membiarkan diri tertimbun dalam pekerjaan. Ada dalam tekanan untuk melakukan yang terbaik di pekerjaan atau merasa stres karena hubungan sosial yang Anda bina tidak berjalan dengan bagaimana seharusnya. Kesehatan mental Anda pun dengan mudahnya diabaikan. Padahal kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik Anda.

Nah, mumpung liburan akhir tahun sudah semakin dekat, cobalah untuk merencanakan liburan untuk diri Anda. Berdasarkan beberapa penelitian, traveling adalah salah satu obat terbaik untuk mengembalikan kesehatan mental kembali ke kondisi prima. Sebuah yayasan penelitian bernama Transamerica Institute melakukan studi terkait hubungan traveling dengan menurunnya depresi. Hasil penelitian itu mengungkapkan 89 persen dari responden mengalami penurunan stres yang signifikan, walaupun hanya berlibur satu atau dua hari.  

Apa sebenarnya yang ditawarkan kegiatan berlibur atau traveling ini hingga begitu penting dalam memengaruhi kesehatan mental kita?

Traveling membantu Anda untuk menemukan kembali diri Anda.

Di titik ini, sebagai seorang pria yang memiliki karier dan keluarga, tentunya Anda telah melewati proses pencarian jati diri. Pencarian menemukan diri sejatinya tak pernah ada habisnya. Banyaknya permasalahan hidup kerap membuat Anda merasa hilang dan tak lagi mengenal diri sendiri. Dengan menjelajahi tempat baru Anda bisa merasakan awal yang baru apalagi jika Anda baru mengalami transisi besar dalam hidup.

Saat traveling, Anda akan menemukan hal-hal yang disukai dan tidak disukai. Hal itu memungkinkan Anda untuk mencoba hal baru dan menjelajahi hobi baru yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Sebuah perjalanan dapat memberi Anda kesempatan untuk menemukan diri dan menemukan hasrat sejati Anda dalam hidup.

Traveling membuka pikiran.

Dari sebuah perjalanan Anda dapat memetik pelajaran berharga yang dapat memperluas perspektif Anda. Membuat Anda lebih sadar dan terbuka terhadap hal-hal baru. Dunia ini sangat besar, menunggu untuk kita temukan. Ada begitu banyak kemungkinan di luar sana.

Pergi ke tempat-tempat dengan budaya yang benar-benar berbeda akan memaksa Anda untuk berpikir tentang diri sendiri. Memelajari perbedaan kuliner di Greenland dengan hiu berumur 400 tahunnya, atau melewati bioskop film porno di jalanan ramai kota Tokyo mungkin akan membantu Anda mengevaluasi kembali prinsip dan nilai yang Anda miliki.

Traveling meningkatkan produktivitas.

Berlibur dalam waktu yang cukup lama dapat meningkatkan produktivitas, keterampilan memecahkan masalah dan bahkan meningkatkan peluang Anda untuk dipromosikan di tempat kerja. Didukung hasil riset dari sebuah perusahaan perjalanan, Expedia, menunjukkan 4 persen pekerja yang baru pulang dari liburan bekerja lebih efektif daripada yang tidak pernah sama sekali.

Traveling membuat kita lebih bahagia.

Terlepas dari kenyataan bahwa Anda tak perlu bekerja, berlibur memberi Anda kesempatan untuk menjauh dari kesibukan sehari-hari. Menurut penelitian dari Universitas Cornell, tak hanya saat liburan telah dimulai, bahkan ketika perjalanan baru sebatas tahap merencanakan pun kita sudah merasa bahagia. Ketika kita baru membeli tiket perjalanan rasa bahagia yang dirasakan dapat secara substansial lebih nyata dibanding perasaan baru saja membeli mobil baru.

Tetap jaga kesehatan mental Anda dan selamat berlibur!

Latest

View All