Gym Noob? Ini Penjelasan dari PT Buat yang Pertama Kali Nge-GymSource: Unsplash
i

Gym Noob? Ini Penjelasan dari PT Buat yang Pertama Kali Nge-Gym

Resolusi tahun ini: Badan fit dengan status papah hot yang kalau lagi main sama anak di taman, cewek-cewek cakep yang lagi jogging masih ngerumunin dan bilang, “Adek, kamu lucu, ya.”

Nge-gym di awal tahun di mana semangat masih gede-gedenya bisa jadi salah satu solusi buat sabet status itu. Tapi apa sih, yang ngebuat kita masih juga belum mulai nge-gym? Nggak pede? Malu? Nggak tahu caranya? Tenang, Fader sengaja tanya ke Dicky Ramadhani, Fitnes Development Trainer-nya Celebrity Fitness buat jawab pertanyaan khas kita yang newbie alias noob banget nih, soal nge-gym. Apa aja, tuh?

Apa aja yang harus disiapkan sebelum mendaftar ke gym?

Niat yang kuat itu perlu banget untuk kita yang ingin nge-gym pertama kali. Tetapkan tujuan yang jelas, misalnya nge-gym buat bentukin tubuh atau turun berat badan. Baca-baca sebelum pergi ke gym, jadi udah tahu targetnya apa, exercise-nya gimana. Kalau dari bacaan aja nggak cukup, rata-rata gym nyediain fasilitas basic training untuk mengenal alat-alat basicgym dan fungsinya. Di Celfit sendiri namanya “take action.” Di situ kita bisa ngukur komposisi tubuh dan informasi dasar mengenai kesehatan kita. Nanti bakal diarahkan buat coba alat-alat gym dan dijelasin jenis latihan yang bisa mendukung tujuan kita.

Baca: Ini Caranya Nge-gym Sama Personal Trainer Gratisan!
Perlengkapan apa aja yang harus disiapkan sebelum nge-gym?

Untuk outfit, sih yang pasti nyaman aja buat dipakai. Biasanya sih, cowok-cowok suka pakai tanktop, kaos biasa, atau longsleeve. Nggak ada aturan khususnya, yang jelas jangan menganggu gerakan di saat olahraga. Kalau kita termasuk yang keringatnya banyak pas lagi workout, bisa juga bawa baju ganti lebih dari satu. Kalau sepatu disarankan untuk pilih sepatu jenis training atau running, karena jenis tersebut memiliki sol yang mendukung kegiatan gym yang banyaknya mengandung gerakan high impact di mana kita lebih banyak untuk melompat atau berlari. Jangan lupa untuk bawa botol minum, rata-rata gym menyediakan dispenser untuk refill minum.

Aturan makan yang baik sebelum nge-gym itu seperti apa?

Bagusnya, sih makan berat dua jam sebelum berolahraga. Untuk komposisi makanannya sesuaikan dengan jenis latihan yang akan kita lakukan. Contohnya, kalau kita ingin olahraga angkat beban, kita butuh karbohidrat lebih banyak agar energinya cukup. Tapi kalau jenis latihan kita lebih ke kardiovaskular seperti aerobik, disarankan makanan yang berimbang antara karbo, protein, dan lemak.

Boleh ngemil nggak?

Boleh. Ngemil atau snacking itu dibolehkan di sela-sela makan pagi dan setelah makan siang. Hanya saja pilihan cemilannya harus diperhatikan yang paling disarankan itu protein seperti ayam, ikan, atau protein nabati sperti kacang-kacangan dan buah seperti alpukat. Kalau pilihannya protein, harus diperhatikan bahwa berat protein yang kita butuhkan itu 1 per 1000 dari berat kita, jadi hitung aja idealnya berapa.

Baca: Mau Tahu Rahasia Badan Fit Tapi Dompet Tetap Tebel?
Boleh ngopi sebelum nge-gym?

Kopi hitam tanpa susu dan gula boleh. Kopi itu mengandung kafein yang akan memicu kerja jantung dan bisa mempercepat metabolisme jadi kita bisa lebih semangat dan nggak ngantuk. Porsinya nggak usah kebanyakan, satu takaran espresso cukup.

Olahraga bikin keringetan, ada saran biar nggak bau?

Saya sendiri sih percaya kalau bau badan itu asalnya dari dalam tubuh, bukan dari keringat. Ada orang-orang yang memakan makanan yang biasanya mengandung herbal atau rempah-rempah tertentu dan efeknya ngaruh ke bau badannya. Jadi, kalau mau nge-gym, ya bisa dikurangi dulu makanan-makanan itu. Jangan lupa pakai deodoran sebelum nge-gym, disarankan pakai yang cair, biasanya bentuk roll on atau spray. Pakai cologne juga boleh, tapi pilih yang wanginya natural aja.

Waktu yang tepat untuk nge-gym?

Sebaiknya sih, pas badan masih segar saat pagi hari menjelang makan siang. Tapi kalau nggak sempat pagi, kapan pun boleh kok, asal kita tau caranya mengoptimalkan waktu olahraga kita. Tubuh manusia itu menghasilkan hormon pertumbuhan yang mulai diproduksi ketika mulai berolahraga hingga durasi satu sampai satu setengah jam. Lewat dari itu, tubuh akan kehabisan sumber daya energinya dan badan akan dengan sendirinya minta istirahat. Jadi jangan paksakan lebih dari 1,5 jam.

Untuk pemula frekuensi nge-gym dalam seminggunya sebaiknya berapa kali?

Disaranan dua kali seminggu, karena otot dan persendian kita juga kan perlu adaptasi. Kalau udah terbiasa bisa bertahap dinaikan, tiap hari juga nggak masalah tapi sediakan waktu istirahat minimal satu hari.

Kapan waktu yang tepat untuk istirahat?

Istirahat pas lagi nge-gym bisa dilakukan antar jeda set atau ketika pindah alat. Disarankan untuk mengambil jeda dari mulai 30 detik sampai dua menit paling lama.

Kalau misalkan bosen, boleh nggak main hape sambil nge-gym?

Main hape, ngobrol terlalu lama, tiduran sambil bengong di bench dan aktivitas lain yang menimbulkan distraksi pas olahraga itu Saya sih, nggak sarankan, ya karena kita harus jaga momentum tubuh kita. Soalnya, pas olahraga tubuh kita tuh sedang mengolah energi yang diproduksi di tubuh kita. Ada tekanan-tekanan yang terjadi dan badan kita sedang meresponnya dengan baik, hal itu disebut momentum.

Beban maksimal yang bisa diangkat?

Kalau udah terlatih, manusia itu bisa ngangkat beban satu sampai dua kali berat badan. Kalau belum terlatih, kita bisa coba angkat dari persentase yang paling kecil misal 25% berat badan atau 50% berat badan. Otot itu bisa merekam memori bahwa badan kita bisa angkat beban berapa beratnya. Tapi disarankan sih, buat pemula yang ringan-ringan dulu dan lebih tekankan ke endurance atau ketahanan, baru deh, ke power.

Buat program menurunkan berat badan seberapa sering kita harus timbang badan?

Disarankan untuk timbang badan minimal 3 atau 4 minggu sekali. Karena biasanya hasil olahraga baru terlihat minimal setelah 3 minggu. Jangan heran kalau misalnya udah lama olahraga dengan intensitas yang baik tapi nggak berat badan nggak turun juga. Bisa jadi karena otot kita yang nambah massa atau tulang kita yang semakin padat.

Gimana? Masih ada yang mau ditanyain? Tulis aja di kolom komentar kita. pokoknya jangan biarin resolusi tahun ini jadi cuma sekedar resolusi, deh!

Latest

View All