Ini Caranya Nge-gym Sama Personal Trainer Gratisan!Source: Unsplash
i

Ini Caranya Nge-gym Sama Personal Trainer Gratisan!

Kolesterol mulai suka kambuh, perut udah semaju motor Yamah*? Udah deh, nggak usah alasan lagi males nge-gym atau skip olahraga. Dengan berbagai aplikasi nge-gym yang tersedia di App Store dan Play Store, kita bisa mulai olahraga kayak di pusat gym aslinya, bahkan lengkap dengan personal trainer yang siap melayani kita 24 jam! Penasaran? Coba cek beberapa aplikasi nge-gym ini.

Home Workout – No equipment and meal planner

Sesuai namanya, aplikasi nge-gym ini punya kelebihan menu meal planner (pengaturan makanan) yang harus kita konsumsi selama proses diet. Selain fitur standar di mana kita bisa atur tingkat kesulitan latihan, Home Workout bisa ngatur target latihan kita per minggunya sesuai kemampuan kita. Program di aplikasi ini dikategorikan berdasarkan bagian-bagian tubuh, ada latihan seluruh tubuh, dada, perut, bahu, dan punggung. Takut lupa target yang udah diatur? Jangan khawatir, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur reminder yang akan mengingatkan kita kapan waktunya olahraga.


Kita juga bisa ngukur BMI (Body Mass Index) yang bisa kita cek berkala dan bisa jadi salah satu ukuran untuk program turun berat badan. Selain BMI, ada juga grafik berat badan buat lihat progres penurunan berat badan kita selama latihan. Kalau nggak tahu gerakannya, aplikasi ini juga ngasih lihat animasi atau link Youtube yang isinya nstruksi gerakan yang benar.

30 day fit challenges workout

Bosen workout? nggak ada arahan waktu yang jelas? Kayaknya udah terus-terusan latihan tapi nggak ada abisnya. Aplikasi ini bakal bikin kita nggak ngerasain lagi pikiran itu. Ada berbagai varian latihan yang udah diatur pas 30 hari. Penggunanya bakal ngerasa tertantang buat menyelesaikan program-programnya!

Kita bisa pilih program turunin berat badan atau pembentukan otot dengan pilihan tingkat kesulitannya. Setiap hari, pengguna bakal dikasih menu-menu latihan yang terdiri dari 4 gerakan olahraga dengan jeda waktu istirahat yang udah ditentuin oleh aplikasi. Serunya lagi, menu per harinya dibuat beda biar kita nggak gampang bosen. Kalau 30 hari udah lewat, terus kita masih ketagihan workout, program lain  yang levelnya lebih susah bisa dicobain. 

Baca: Mau Tahu Rahasia Badan Fit Tapi Dompet Tetap Tebel?
7 minutes workout

Berawal dari sekelompok peneliti di California yang ngasih tahu, kalau rangkaian workout selama 7 menit udah mereka rancang dan punya intensitas yang sama dengan HIIT (High-intensity interval training). Lahirlah aplikasi nge-gym bernama 7 minutes workout di tahun 2013. Salah satu yang masih populer, aplikasi ini ngasih 12 macam program latihan angkat beban kayak squat, variasi push up, jumping jacks, lunges, dips, set-ups, crunches, dan masih banyak lagi. Gerakan persisnya bisa dilihat di link Youtube yang ada di aplikasi ini.

Nggak cuman simpel, aplikasi ini cocok buat dipakai bagi kita yang nggak punya banyak tapi niat pengen berolahraga. Cocok juga buat yang masih awam sama gerakan-gerakan workout. Emang sesuai namanya, aplikasi ini ngasih kita program yang bagus cuman dalam 7 menit aja.

Freelectics

Resolusi 2019: punya badan atletis! Freelectis bakal bantu resolusi kita semua. Aplikasi nge-gym ini ngasih latihan bodyweight atau latihan tanpa alat dengan macam yang dinamakan sesuai nama dewa-dewi mitologi Yunani. Wooww... Penggunanya bakal dibuat ngelakuin gerakan standar dengan repetisi tinggi.

Ada 900 variasi olahraga tanpa alat yang bisa dicoba, banyak banget, kan? Mau turun berat badan? Bentuk otot? Semua ada! Ternyata, Freelectics ini juga bukan hanya aplikasi, tapi juga sebuah gerakan sehat yang ada komunitasnya. Jadi kalau mau lebih rutin lagi, kita bisa gabung komunitasnya dan olahraga bareng.

Emang kunci kalau badan mau fit sebetulnya ya niat. Apa pun bentuk aktivitasnnya, mau jadi member nge-gym, sepedaan, bikin alat sendiri nggak masalah. Yang penting resolusi 2019: badan keren, dompet tebel!

Latest

View All