Menu Buka Puasa Bagi Sobat yang sedang DietMenu Buka Puasa Sehat
i

Menu Buka Puasa Bagi Sobat yang sedang Diet

Bulan Ramadhan tinggal sebentar lagi, tidak ada salahnya sobat persiapan dari sekarang. Puasa bagi sobat yang menunaikannya bisa menjadi kesempatan untuk menurunkan berat badan alias diet. Diet saat puasa adalah waktu yang tepat, karena makan hanya dibatasi sebanyak dua kali per hari (waktu buka puasa dan sahur) dapat membantu sobat mengontrol asupan makanan dengan menu buka puasa sehat.

Tapi ingat-ingat ya fads, jangan makan berlebihan saat buka puasa atau sahur, karena hal tersebut malah dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Lalu, bagaimana sebaiknya menjalankan diet saat puasa? Menu buka puasa apa saja yang diperlukan untuk yang sedang diet? Ayuk simak lebih lanjut inspirasi menu buka puasa yang dapat sobat coba!

Mempersiapkan menu buka puasa ketika program diet

Cukupi Serat Saat Puasa
Cukupi Serat Saat Puasa

Waktu makan sobat memang dibatasi saat puasa, akan tetapi asupan makan sobat juga perlu dikontrol agar berat badan turun. Sebaiknya kurangi asupan kalori sobat sebanyak 500 kalori per hari dari hidangan buka puasa untuk mendapatkan penurunan berat badan sebanyak 0,5-1 kg per minggu. Contoh, total asupan kalori sobat biasanya adalah sebanyak 2000 kalori, maka sobat hanya perlu mengonsumsi sebanyak 1500 kalori saat puasa untuk mencapai penurunan berat badan.

Akan tetapi, jangan berlebihan dalam membatasi asupan kalori sobat, karena tubuh sobat tetap membutuhkan kalori untuk melakukan fungsi normalnya. Setidaknya, sobat harus mencukupi kebutuhan kalori minimal 1200 kalori/hari untuk menjaga fungsi normal tubuh.

Sobat dapat membagi waktu makan sobat menjadi tiga kali saat puasa. Yaitu, saat berbuka puasa, setelah salat Tarawih atau sebelum tidur, dan saat sahur. Bagilah asupan kalori sobat ke dalam tiga waktu makan tersebut.nMisalnya, asupan total kalori sobat per hari adalah 1500 kalori, maka sobat bisa membaginya menjadi 500-600 kalori saat sahur, 400-500 kalori saat buka puasa, dan 500-600 kalori setelah salat tarawih atau sebelum tidur.

Lalu bagaimana dengan menu takjil buka puasa? Saat berbuka puasa, konsumsilah makanan yang cepat diserap oleh tubuh. Sehingga, energi tubuh yang hilang saat puasa cepat tergantikan, dan sobat tidak merasa lemas lagi. Makanan yang cepat diserap tubuh adalah makanan jenis karbohidrat sederhana, seperti makanan manis. Sebagai contoh sobat dapat minum teh manis dengan gula 1 sendok makan (37 kalori), kurma 3 buah (50 kalori), dan roti sandwich dengan daging asap dan keju (300 kalori).  Pilihan lain menu untuk buka puasa adalah sirup 3 sendok makan (111 kalori), kurma 3 buah (50 kalori), dan salad buah 250 gram (250 kalori).

Ayo pantau terus artikel-artikel menarik lainnya, hanya di fader.idwebsite gaya hidup pria modern.

Latest

View All