Tetap Sehat di Musim Hujan dengan Cara Inijaga daya tahan tubuh saat hujan
i

Tetap Sehat di Musim Hujan dengan Cara Ini

Memasuki bulan Desember hawa-hawa liburan sudah mulai terasa. Tak hanya identik dengan musim liburan, musim hujan juga senantiasa menemani hari-hari di penghujung tahun ini.

Walau terasa lebih sejuk, musim hujan kerap kali membuat kita lebih rentan terkena penyakit. Flu, demam, kolera, infeksi, bahkan demam berdarah adalah penyakit langganan musim hujan.

Agar rencana liburan Anda dan keluarga tak terganggu karenanya, ada beberapa hal yang dapat Anda dan keluarga coba, di antaranya:

Sedia payung sebelum hujan.

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa kita lebih mudah terkena pilek ketika basah kuyup akibat kehujanan? Penelitian (yang dikutip dari avonhealthcare) menemukan, tubuh yang kedinginan, terutama di bagian kaki menjadi pemicu rentannya virus flu aktif kembali dalam tubuh.

Alasan lainnya dikemukakan bahwa kondisi tubuh yang dingin membuat sistem di dalamnya mengupayakan agar tubuh tetap hangat dengan cara membatasi aliran darah ke bagian tubuh termasuk ke hidung. Di sisi lain, terbatasnya aliran darah di hidung ini merupakan kondisi yang disukai oleh virus flu.

Untuk menghindarinya, dengarkan pepatah zaman dahulu, sedia payung atau jas hujan agar Anda tak terjebak di derasnya hujan.

Cukupi asupan vitamin C.

Ketika kita terserang flu, vitamin C, baik dalam bentuk alami atau sebagai suplemen makanan dapat berfungsi untuk pemulihannya. Meskipun masih diperdebatkan di antara para dokter apakah vitamin C itu termasuk obat flu atau bukan.

Namun tak ada salahnya kita memenuhi asupan vitamin C yang cukup. Apalagi ketika sedang liburan, kita dan keluarga akan melakukan banyak aktivitas dan daya tahan tubuh pun harus kuat. Kabar baiknya, vitamin C dapat meningkatkan antibodi atau daya tahan tubuh kita. Jika antibodi sudah oke, sakit flu pun bisa cepat mereda.


Sebagai sumber vitamin c yang baik, coba tambahkan paprika merah atau hijau, pepaya dan nanas ke dalam daftar makanan Anda dan keluarga.

Mandi

Kok mandi? Walau terlihat kontraproduktif, namun dengan mandi, apalagi dengan air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh Anda ketika habis kehujanan. Selain itu, mandi juga dapat membantu Anda menyingkirkan kuman dan melindungi dari banyak infeksi. Jika Anda terlalu mager untuk mandi setelah kehujanan bisa coba ganti dengan merendam kaki di air hangat.

Minum yang hangat-hangat.

Minum atau makanan hangat di cuaca dingin memang paling mantap. Coba konsumsi teh hijau, cokelat panas, atau sup hangat di musim hujan seperti ini karena dapat mencegah Anda dan keluarga terkena pilek atau infeksi lain yang terjadi karena perubahan suhu yang tiba-tiba. Jika Anda sedang berlibur ke tempat-tempat tertentu Anda bisa sekalian mencoba teh atau cokelat khas tempat tersebut, jangan lupa pesannya yang hangat, ya.

Cintai air putih.

Pada suhu dingin, umumnya kita jarang merasa haus, akibatnya air yang diminum pun lebih sedikit. Jangan menunggu haus untuk minum air. Badan yang senantiasa terhidrasi membuat Anda buang air kecil secara teratur sehingga dapat membantu tubuh lebih baik dalam proses pengeluaran racun di tubuh.

Perhatikan makanan yang Anda konsumsi.

Ingatlah selalu untuk menjaga gizi makanan dan hindari jajanan pinggir jalan. Sebisa mungkin, makanlah makanan rumahan. Buatlah bekal jika Anda akan piknik keluar bersama keluarga, karena bagaimanapun makanan yang dibuat di dapur sendiri akan lebih higienis.

Masih banyak hal yang bisa Anda dan keluarga lakukan untuk tetap sehat di musim hujan tentunya. Namun cukup dengan melakukan 6 hal di atas, peluang Anda untuk tetap sehat di musim hujan ini akan semakin meningkat. Anda dan keluarga pun bisa berlibur dengan tenang. Selamat mencoba!

Latest

View All