Beli Kacamata Hitam Buat Liburan? Jangan Sampai Nggak Cocok Sama Muka!Ilustrasi kacamata hitam
i

Beli Kacamata Hitam Buat Liburan? Jangan Sampai Nggak Cocok Sama Muka!

Udah punya rencana liburan kemana, nih? Ke pantai lihat sunset pertama di tahun baru? Sebelum pergi ke pantai, pastikan satu benda ini Anda bawa sebagai perlengkapan liburan, kacamata hitam!

Selain digunakan untuk menghindari silaunya cahaya, jika cocok dengan muka, kacamata hitam juga bisa membuat karakter muka Anda lebih menonjol dengan penuh gaya. Tapi masalahnya masih banyak pria yang tidak tahu cara menentukan kacamata hitam jenis apa yang cocok dengan bentuk mukanya. Fader bakal ngasih tahu bagaimana cara yang benar memilih kacamata hitam berdasarkan bentuk muka.

Lonjong 

Coba Anda ngaca sekarang, perhatikan apakah wajah Anda terbilang panjang dengan tulang pipi yang relatif bulat? Jika iya, maka muka Anda termasuk tipe lonjong.

Beruntung bagi Anda yang memiliki tipe wajah ini, karena Anda tidak akan kesulitan memilih kacamata. Rata-rata jenis kacamata cocok untuk muka lonjong. Satu yang harus dihindari untuk tipe muka ini adalah jangan memilih kacamata hitam yang membuat muka lebih panjang. Kacamata jenis Aviator dengan ujung kotak, kacamata oversized, atau Clubmaster sangat cocok untuk tipe muka ini. Sebaliknya, hindari jenis Aviator Tear-drop karena akan membuat ilusi mata lebih turun secara vertikal di sumbu wajah Anda.

sumber: Saltoptic
sumber: Saltoptic
Segitiga (terbalik)

Muka jenis ini memiliki jidat yang lebih lebar daripada dagu, rahang, dan tulang pipi lebar menyempit terus sampai dagu hingga membentuk segitiga terbalik.

Kacamata hitam berlensa bundar cocok untuk muka segitiga, karena akan memperhalus geometri tegak di wajah Anda. Hindari kacamata hitam jenis Clubmaster berbahan plastik yang tebal di bagian alis karena bisa menonjolkan lebar dahi Anda. Jika Anda menemukan kacamata dengan frame ganda berbahan logam, sikat aja! Jenis itu yang paling cocok untuk muka segitiga.

sumber: 9five
sumber: 9five


Anda menginginkan model yang lebih klasik? Coba bingkai bermotif tortoise  atau marmer dengan penyangga hidung beraksen untuk terlihat lebih retro.

sumber: glasshut
sumber: glasshut
Wajik

Wajah berjenis wajik ditandai dengan sudut-sudut muka yang tajam. Panjang dan lebarnya hampir sama, tulang pipi lebih menonjol, dan rahang tegas.

Semua garis yang kuat di wajah wajik memberi Anda keleluasaan untuk mengenakan bentuk-bentuk unik. Coba saja pakai kacamata hitam tipe Double-bridge (penyangga hidung ganda) dengan bentuk lensa yang lebih besar dari rata-rata. Bentuk kacamata hitam bulat dan persegi panjang juga cocok untuk si muka wajik.

sumber: Rayban
sumber: Rayban
Kotak 

Tipe wajah ini cirinya memiliki tulang pipi, dahi, serta rahang yang lebar namun dengan sudut yang lebih kaku. Kontur lekuk rahang terlihat jelas dan menyudut.

Hal yang perlu diingat bagi tipe muka ini adalah muka Anda sudah kotak, jadi jangan dibuat lebih kotak. Bermainlah dengan kacamata hitam berujung bulat dengan frame persegi atau persegi panjang. Jika Anda suka terlihat lebih nyentrik coba sekalian kacamata berbentuk bulat ala John Lennon. Masalah warna, anda bisa cari aman dengan bingkai hitam, namun warna yang lebih terang akan melembutkan tepi wajah Anda.

sumber: nordstorm
sumber: nordstorm
Bulat 

Cirinya terdiri dari tulang pipi, dahi, serta rahang dengan lebar yang sama, sudut muka membelok, sehingga wajah nampak membundar.

Apabila Anda ingin pilihan yang aman, cari frame kacamata hitam tebal dan bergaris kaku dengan  sudut-sudut yang tegas. Pastikan bagian penyangga kacamata tepat berada di atas tulang pipi. Tapi apalah artinya hidup ini tanpa sedikit tantangan?

sumber: nordstorm
sumber: nordstorm

Nah, meskipun banyak pakar fesyen mengatakan bentuk kacamata bulat haram untuk si muka bulat, namun khusus untuk kacamata hitam atau sunglasses, kacamata jenis Aviator dengan frame bulat masih cocok kok. Asal jangan berlebihan dengan memilih kacamata bulat khas Boboho saja.

Hati 

Tipe jenis ini mirip dengan tipe segitiga namun sisinya lebih halus. Bagian dahi lebar, sedangkan tulang pipi dan rahang menyempit sehingga wajah menyerupai bentuk hati.

Jika Anda penyuka jenis kacamata hitam yang lebar atau berbahan berat namun memiliki muka dengan tipe ini, ada baiknya pensiunkan saja kacamata itu. Ganti dengan senjata rahasia si muka hati, kacamata hitam jenis Aviator klasik tipe Tear-drop. Dengan kacamata ini tulang pipi dan rahang yang menyempit bisa tertutupi.

sumber: saltoptic
sumber: saltoptic
Oval

Muka Anda panjang dan tidak lebar? Bagian tulang pipi lebar, bagian dahi dan rahang lebih sempit sehingga wajah hanya melebar di tengah? Itu berarti tipe muka Anda berjenis oval.

Berbahagialah, karena kacamata jenis apapun cocok untuk tipe muka oval. Anda bisa bermain dengan banyak warna dan bentuk. Kacamata jenis Aviator sudah pasti melekat dengan sempurna di muka Anda. Kacamata Boboho, kacamata kotak, semuanya cocok di muka jenis oval ini. Pilih saja yang paling Anda sukai.

sumber: Mrporter
sumber: Mrporter
Nggak jelas.

Anda tidak menemukan semua ciri-ciri di atas pada muka Anda? Mungkin bentuk muka Anda masuk ke tipe muka nggak jelas.

sumber: Nordstorm
sumber: Nordstorm

Jangan sedih, karena ada satu kacamata hitam yang paling populer dan tak lekang oleh waktu yaitu kacamata jenis Wayfarer. Pertama kali dikenalkan oleh merek Ray-Ban di tahun 1956, kacamata ini telah digunakan oleh berbagai tipe muka dan semuanya tampak cocok mengenakannya. Tom Cruise adalah salah satu ikon yang kerap menggunakan kacamata jenis ini. Coba saja, siapa tahu setelah menggunakannya, Anda bisa setampan Tom Cruise.

Latest

View All