Belum Tahu Dress Code untuk Pesta Black Tie? Ini PenjelasannyaSumber: BAMF Style
i

Belum Tahu Dress Code untuk Pesta Black Tie? Ini Penjelasannya

Para tuan rumah pesta yang semakin modern kini juga mengemas pestanya dengan berbagai macam tema yang mengharuskan tamunya berpakaian sesuai tema, termasuk yang paling sering adalah tema black tie.

Black tie pada umumnya adalah acara resmi yang mengharuskan Anda memakai pakaian rapi dan formal seperti jas, tuksedo atau sejenisnya. Penting untuk memahami aturan berpakaian di pesta semacam ini, karena jika Anda mengenakan pakaian yang salah, Anda akan dianggap tidak sopan atau tidak pantas untuk berada di pesta bahkan bisa dianggap tidak menghargai tuan rumah.

Baca: Etika Ketika Menghadiri Jamuan Resmi

Terdapat beberapa jenis pesta black tie yang harus Anda pahami agar tidak salah kostum ketika menghadiri acara tersebut.

Black tie mandatory


Jika Anda menemukan kata “mandatory” itu artinya Anda tidak akan diperbolehkan untuk memasuki acara kecuali Anda memakai pakaian yang sesuai. Mengenakan jas, tuksedo, dan dasi berwarna hitam adalah suatu keharusan. Pesta jenis ini lazimnya diadakan pada malam hari.

Baca: Tuksedo dan Setelan Jas itu Ternyata Berbeda lho, Sob! Apa Bedanya?


Black tie preferred atau black tie attire


Kata ‘preferred’ menunjukkan bahwa pesta ini bersifat resmi, tapi Anda dapat memilih apa yang akan Anda kenakan selama itu masih bersifat formal. Anda memang lebih diharapkan untuk berpakaian dengan dress codeblack tie mandatory seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya pada pesta ini. Namun, jika Anda mengenakan pakaian resmi lainnya pun Anda akan tetap diperbolehkan masuk. Pesta bertipe preferred black tie ini dapat diadakan pada siang atau malam hari.   

Black tie optional


Pada pesta ini Anda dapat lebih fleksibel untuk berpakaian. Tuksedo dan dasi hitam hanya disarankan untuk dikenakan tetapi tidak terlalu mengikat sehingga ada kemungkinan banyak para tamu akan berpakaian lebih santai.

Black tie creative


Anda dapat menampilkan sisi kreatif pada dress code ini. Misalnya, Anda dapat mengganti kemeja putih Anda dengan warna hitam atau menambahkan aksen dasi merah pada tampilan Anda. Pesta sejenis ini bisa juga dilaksanakan pada sore hari, selain siang dan malam sebagai waktu yang lebih umum.

Berbagai dress code di atas biasanya tercantum pada undangan acara. Pahami dengan baik detail-detail yang ada di undangan Anda. Selamat berpesta!

Latest

View All