Bingung Memilih Jam Tangan yang Sesuai dengan Pakaian? Pelajari Caranya!ilustrasi Jam Tangan yang Sesuai dengan Pakaian
i

Bingung Memilih Jam Tangan yang Sesuai dengan Pakaian? Pelajari Caranya!

Perhiasan atau aksesoris untuk pria bisa dibilang cukup terbatas. Jam tangan adalah satu di antara aksesoris yang dianggap dapat mewakili kepribadian pria yang memakainya. Oleh karena itu, kebanyakan pria biasanya memiliki lebih dari satu jam tangan untuk melengkapi berbagai jenis busana yang mereka kenakan.

Dengan adanya banyak pilihan antara jam tangan dan pakaian, tak jarang pula Anda bingung bagaimana memadankannya. Bayangkan, ketika Anda harus menghadiri pesta formal di mana Anda tampil oke dengan menggunakan tuksedo yang membuat semua perhatian tertuju pada Anda, tetapi ketika hendak melihat jam, Anda malah menggunakan jam tangan kalkulator bertali karet yang bisa merusak penampilan Anda seketika.

Untuk menghindari terjadinya hal di atas, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa aturan berikut dalam memilih jam tangan yang sesuai pakaian. 

Baca: Senang Koleksi Jam Tangan Analog? Pelajari Dulu Tipenya di sini!
Formal atau black tie?

Pesta formal atau black tie adalah pesta yang sangat formal untuk Anda hadiri. Secara etika, penggunaan jam tangan tidak diperbolehkan karena waktu tidak berlaku pada pesta seresmi ini. Anda diwajibkan untuk membaur dan sudah tidak semestinya Anda melihat jam tangan saat pesta berlangsung.

Baca: Etika Ketika Menghadiri Jamuan Resmi

Jika Anda lebih memilih untuk mengenakan jam tangan, pilihlah  jenis jam bertipe analog yang paling formal. Pilihan jam analog yang sederhana berjenis classic dress watch dengan ukuran yang kecil dan bertali kulit hitam masih dianggap pantas untuk dikenakan pada black tie.

Bisnis

Untuk melengkapi pakaian bisnis Anda, pilihlah jam tangan sederhana dengan warna emas atau silver yang klasik. Beberapa ahli fesyen berpendapat, setelan jas untuk keperluan bisnis tidak boleh dipasangkan dengan dive watch. Akan tetapi, jika pakaian bisnis Anda tidak terlalu resmi Anda dapat menggunakan jenis dive watch dengan tali kulit.  

Formal-kasual

Kategori ini ditujukan untuk jenis tampilan dengan kemeja berkancing, celana khaki, denim hitam, sampai sepatu kulit. Pokoknya, tampilan lebih santai yang biasa Anda kenakan ke kantor. Jam tangan yang cocok adalah jenis jam yang memiliki banyak fitur, seperti pilot, racing, atau field watch.

Santai

Jenis pakaian santai seperti t-shirt, polo shirt, dan celana jeans cocok dengan hampir semua jenis jam tangan kecuali tipe dress watch. Namun, perlu diperhatikan juga untuk kegiatan yang melibatkan fisik Anda, sebaiknya pilih jenis jam yang tahan banting seperti field watch.

Pakaian yang tidak terlalu resmi atau santai dapat dipadankan dengan tali berbahan logam. Sebaiknya, Anda juga mencocokan warna tali logam Anda dengan berbagai komponen logam yang Anda kenakan seperti gesper ikat pinggang atau cincin.

cara pilih jam tangan
cara pilih jam tangan

Tak cukup sampai di sini, setelah Anda menilai seberapa formal pakaian yang akan Anda kenakan, perhatikan juga detail-detail seperti tali jam, ikat pinggang, dan sepatu Anda. Intinya, tali jam berbahan kulit dianggap lebih formal dibandingkan bahan logam. Selain itu, tali kulit berwarna hitam juga dianggap lebih formal daripada tali kulit berwarna cokelat.

Tali jam berbahan logam, serasi dengan sepatu berwarna cokelat atau hitam. Logam berwarna perak lebih cocok dengan sepatu berwarna abu, hitam, dan biru. Sedangkan logam berwarna emas paling bagus jika dipadankan dengan sepatu abu, krem dan warna natural lainnya.

Nah, sekarang Anda nggak perlu lagi berlama-lama untuk memilih jam tangan sesuai pakaian. Terapkan cara ini sekarang juga!

Latest

View All