Mulai Lakukan Kebiasaan Ini Agar Rumah Anda Jadi Eco-Friendlyilustrasi eco-friendly
i

Mulai Lakukan Kebiasaan Ini Agar Rumah Anda Jadi Eco-Friendly

Dari dulu sebetulnya Bumi kita sudah terancam. Permukaan laut lagi naik, cuaca nggak konsisten, itu semua seakan sudah semacam takdir yang nggak bisa diubah. Tapi sebenarnya salah jika Anda beranggapan demikian. Ternyata banyak tindakan yang bisa kita lakukan untuk menjaga lingkungan, bahkan Bumi ini.

Usaha-usaha menjaga Bumi nggak perlu menghabiskan banyak waktu dan uang. Anda bisa mulai dari rumah sendiri. Di bawah ini ada beberapa tips yang bakal bikin rumah jadi lebih eco-friendly! Selain berkontribusi juga untuk Bumi, tips yang dilansir dari Architectural Digest ini bisa bikin rumah Anda jadi lebih ramah lingkungan.

Ganti bohlam dengan LED.

Selain tahan lama, lampu LED nggak mengandung UV dan merkuri yang sangat ramah lingkungan. Ada baiknya Anda ganti lampu rumah dengan LED karena hemat energi dan memiliki kualitas high durability, sehingga mampu bertahan lebih lama.

Kurangi penggunaan tisu.

Cobalah membiasakan hidup tanpa tisu dan menggantinya dengan lap atau handuk. Memang untuk awalnya mungkin akan terasa sulit karena sepertinya kita nggak bisa lepas banget dari barang yang satu ini. Walau begitu, cobalah membiasakan untuk menguranginya setahap demi setahap.

Bersihkan kulkas.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan kulkas Anda, baik dalam dan bagian letak kompresornya. Hal ini akan membantu makanan tetap dingin dan mengurangi daya penggunaan energi.

Mengeringkan pakaian dengan sinar Matahari.

Biasakan mengeringkan pakaian dengan sinar Matahari tanpa menggunakan pengering pakaian. Selain bisa hemat energi, pakaian Anda pun akan bertahan lama.

Bersihkan jendela.

Kalau rumah Anda punya jendela yang banyak, jangan malas untuk membersihkannya. Jendela yang kotor bisa buat lingkungan rumah jadi nggak sehat juga.

Gunakan air dingin saat mencuci pakaian.

Jangan gunakan air panas ketika mencuci pakaian karena justru akan membuat pakaian Anda semakin bernoda.

Menanam tanaman.

Cobalah memulai simple gardening di rumah Anda. Anda bisa cek di internet bagaimana cara paling mudah untuk menanam cabai, bawang, atau jenis tanaman lain yang cocok untuk rumah Anda. Selain bisa bikin lingkungan lebih sehat, rumah Anda bisa jadi lebih indah. Bahkan bisa lebih hemat juga jika tanaman yang Anda pilih merupakan pelengkap bahan masakan.

Hemat air.

Berhemat air bukan berarti Anda jadi jarang mandi, ya. Contoh menghemat air adalah saat Anda mencuci sayuran atau buah, gunakanlah air yang sama. Jangan pakai air yang baru karena akan mubazir.

Kurangi penggunaan plastik.

Punya banyak tote bag? Mulailah rajin membawa dan memakainya sebagai pengganti kantong plastik kalau pergi belanja kemana pun! Biasakan juga untuk menolak plastik ketika berbelanja. Demikian juga saat minum, usahakan kurangi penggunaan sedotan yang berbahan plastik dan sebisa mungkin bawa minuman dalam wadah yang eco-friendly.

Hemat penggunaan listrik.

Setelah pakai TV atau charger jangan lupa untuk mencabut kabelnya. Cabut rice cooker kalau sudah nggak ada isinya. Selain bisa ramah lingkungan, hemat listrik juga mengurangi biaya pengeluaran Anda, kan?

Latest

View All