Pahami Barang Wajib Saat Ingin ke Pesta Black Tieilustrasi barang ke pesta black tie.
i

Pahami Barang Wajib Saat Ingin ke Pesta Black Tie

Anda mungkin asing ketika mendengar teman Anda mengundang ke pesta black tie. Sederhananya, acara black tie adalah undangan formal atau pesta yang berlangsung setelah pukul 7 malam dan melibatkan pria dan wanita yang mengenakan aturan pakaian tertentu.

Gala Dinner, malam penghargaan, dan pesta bisnis perusahaan adalah beberapa acara yang biasanya menggunakan black tie sebagai dress code-nya. Anda mungkin tidak akan pergi ke terlalu banyak acara semacam ini, kecuali Anda adalah seorang James Bond. Namun, tetap penting untuk mengetahui apa dan bagaimana cara mematuhi dress codeblack tie ini. Berikut beberapa barang wajibnya.

Tuksedo

Selalu kenakan tuksedo pada pesta berjenis black tie. Pilih jenis tuksedo yang paling pantas untuk Anda. 

Baca: Tuksedo dan Setelan Jas itu Ternyata Berbeda lho, Sob! Apa Bedanya?

Ciri-ciri umum pada tuksedo biasanya terletak di jumlah kancing yang melengkapinya. Tuksedo yang lebih tradisional memiliki kancing berjumlah satu. Bahannya berasal dari satin atau wol hitam dan tidak boleh ada lipatan pada saku jas.

Tuksedo akan dipasangkan dengan celana panjang yang berwarna sama dengan atasan, dan celana pasangan tuksedo Anda harus memiliki garis pinggir yang berbahan sama dengan kerah tuksedo Anda. Untuk pilihan warna, biru gelap atau navy dapat menjadi variasi lain selain hitam. Warna putih juga dianggap cukup formal dalam black tie, namun biasanya tuksedo putih lebih sering digunakan pada siang hari.

Aksen pakaian

Pelengkap lain dari tampilan black tie yang wajib Anda gunakan adalah kemeja putih berkancing putih dan penutup pinggang. Penutup pinggang yang dapat Anda pilih misalnya rompi berkancing dengan belahan dada rendah. Pada tuksedo yang lebih modern vest (rompi tak berkancing) dan cummerbund (aksesoris yang mirip dengan obi kimono, dipakai untuk menutupi bagian pinggang dari celana) juga sering digunakan.

Dasi kupu-kupu hitam

Dasi jenis ini dipakai dalam dress code black tie mandatory. Untuk jenis dress code black tie optional Anda juga dapat memilih jenis dasi panjang berwarna hitam. Lain halnya dengan dress code black tie creative, Anda juga dapat melengkapi tampilan Anda dengan dasi berwarna lain seperti putih atau warna solid lain seperti merah. Alternatif lainnya, Anda dapat mencocokan warna dasi dengan warna gaun pasangan Anda.

Baca: Tipe-tipe Dress Code Black Tie yang Harus Faders Ketahui

Sepatu

Pilih sepatu berbahan kulit berkualitas untuk menambah kesan elegan pada tampilan Anda. Jangan lupa untuk menyemir sepatu Anda beberapa hari sebelumnya, pastikan sepatu tidak kotor dan tidak ada bagian yang penyok atau berkerut di bagian tertentu.

Lengkapi juga pengetahuan Anda tentang etika kala berpesta untuk menjadi tamu budiman yang sesungguhnya. Selamat berpesta!

Latest

View All