Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Tuksedo dan JasSumber: Unsplash
i

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Tuksedo dan Jas

Banyaknya pesta resmi yang harus Anda hadiri dapat membuat Anda bingung untuk memilih pakaian apa yang harus Anda kenakan. Beberapa pesta terkadang menyertakan syarat berpakaian untuk bisa masuk ke dalamnya, seperti undangan gala dinner atau pesta pernikahan bertema black tie yang mengharuskan Anda memakai jas atau tuksedo.

Baca: Tipe-tipe Dress Code Black Tie yang Harus Faders Ketahui

Anda dapat membeli, jahit sendiri, atau untuk lebih menghemat, bisa menyewa jenis pakaian tersebut. Namun yang perlu diperhatikan adalah perbedaan yang terdapat di antara jas dan tuksedo, agar Anda tak salah pilih ketika ingin menyesuaikan dengan dress code pesta. Dilansir dari The Knot, berikut beberapa perbedaan yang harus Anda ketahui antara jas dan tuksedo.

Bahan

Perbedaan fisik yang menonjol antara jas dan tuksedo adalah dari detail satin yang terdapat pada tuksedo. Tuksedo klasik biasanya menggunakan bahan satin atau bahan mengkilap lainnya seperti beludru di bagian kerah, kancing, dan jika dibuat beserta celananya, aksen satin juga ditambahkan di bagian pinggir celana.

Pada tuksedo yang lebih modern, penggunaan satin dibatasi hanya untuk melapisi kerah dan garis tipis di sisi celana. Penggunaan bahan yang berbeda ini membuat tuksedo memiliki harga yang lebih mahal daripada jas.

Sedangkan pada jas bagian kerah dan celana dibuat dengan bahan yang sama. Bahan yang biasa digunakan pada jas yaitu linen, dril atau wol. Kancing pada jas biasanya berbahan plastik atau kain.

Aksesoris


Aksesoris yang digunakan ketika Anda mengenakan tuksedo pun berbeda dengan aksesoris pada jas. Tuksedo biasa dilengkapi dengan ikat pinggang, suspender, dan dasi kupu-kupu.

Walau kebanyakan pria modern memilih pelengkap yang lebih santai seperti dasi panjang, vest atau cummerbund (aksesoris yang mirip dengan obi kimono, dipakai untuk menutupi bagian pinggang dari celana.) Jangan lupa, jika memilih vest atau cummerbund, pilihlah yang memiliki warna senada dengan tuksedo atau dasi yang dikenakan.

Berbeda dengan penggunaan tuksedo, penggunaan dasi dan aksesoris lainnya hanya bersifat opsional, tergantung pada selera berpakaian Anda.

Kemeja


Tuksedo dipasangkan dengan kemeja putih yang memiliki kerah sayap atau kerah penyangga. Sedangkan jas dikenakan dengan berbagai jenis atasan, umumnya kemeja dengan warna atau corak yang tegas.

Sepatu 


Pemilihan sepatu pada kedua jenis pakaian ini juga berbeda, untuk tuksedo kenakanlah sepatu pantofel hitam berbahan kulit. Sedangkan untuk jas, jenis loafers, oxfords atau sepatu slip-on dapat Anda pilih.

Jenis acara 


Jika sudah paham dengan perbedaan di atas, perhatikan juga jenis acara yang akan Anda datangi. Tuksedo dipakai untuk acara yang diadakan di waktu malam saja seperti gala dinner, malam amal, pertunjukan opera atau untuk acara resmi seperti pernikahan bertema black tie.

Baca: 4 Item Fesyen Wajib Untuk Faders Dalam Pesta Black Tie

Lain halnya dengan tuksedo, jas dapat dikenakan di acara-acara yang lebih santai seperti acara bisnis atau kencan dengan pasangan.

Nah, sekarang Anda nggak punya alasan lagi untuk salah pilih antara tuksedo dan jas, and keep on rocking on your suit, or tux!

Latest

View All