5 Tempat Naik Gunung di Jawa Buat Mengisi Waktu Liburan Andailustrasi naik gunung.
i

5 Tempat Naik Gunung di Jawa Buat Mengisi Waktu Liburan Anda

Berlibur dengan camping, jalan-jalan santai ke luar kota atau luar negeri memang sudah biasa menjadi rencana di semua orang. Apalagi jika Anda yang memang tidak ingin ribet memikirkan jadi Anda memutuskan untuk berjalan-jalan santai. Tapi apa Anda pernah ingin mencoba berlibur yang tidak mainstream? Anda bisa coba naik gunung (hiking/trekking) lho! Tidak selalu lokasi naik gunung itu susah dijangkau, bahkan di pulau Jawa sendiri sudah banyak tujuan naik gunung yang membuat momen dan memori Anda menjadi sangat berharga!

Kawah Wurung Bondowoso, Jawa Timur
travelwisatajember.com
travelwisatajember.com

Salah satu tempat pendakian yang mempunyai sesuatu yang sangat unik sehingga Anda familiar dengan model tempatnya. Anda masih ingat dengan Bukit Teletubies? Tempat ini sangat mengingatkan Anda pada bukit yang ada di Teletubies. Dengan kawan bukit padang rumput dan membentuk kawah besar. Pendakian pun juga tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya dengan 15 menit pendakian yang tidak terjal, Anda sudah bisa sampai ke puncak bukit Kawah Wurung. Tiket untuk masuk ke tempat ini terbilang murah, karena Anda hanya perlu menyiapkan Rp4.000 untuk bisa menikmati pemandangannya.

Kawah Ijen, Jawa Timur
anekatempatwisata.com
anekatempatwisata.com

Tempat ini bukanlah gunung atau puncaknya yang unik, melainkan fenomenal alam yang terjadi di antara gunung berbentuk kawah. Karena kondisi gunung berapi di Indonesia sangat banyak, sehingga membuat tempat ini menjadi unik karena mempunyai pemandangan kawah yang berwarna hijau kebiruan, dan jika Anda sempat melihat dipagi hari, Anda akan menemukan pemandangan api biru yang menyala terang. Untuk mencapai kawah ini, Anda akan menghabiskan waktu 8-10 jam berjalan kaki yang akan ditemani oleh pemandu. Biaya untuk masuk juga cukup murah, hanya membutuhkan Rp. 5,000 (Senin-Jumat) dan Rp. 7,000 (Sabtu-Minggu, Hari Libur). Sedangkan untuk wisatawan asing punya harga yang berbeda, yaitu Rp. 100,000 (Senin-Jumat) dan Rp. 150,000 (Sabtu-Minggu dan Hari Libur).

Gunung Merbabu, Boyolali, Jawa Tengah
Sumber: merbabu.com
Sumber: merbabu.com

Keunikan dari gunung ini tidak hanya gunungnya saja, tapi pemandangannya yang dibilang sangatlah unik. Yang menjadi keuntungannya, gunung ini sangat tinggi sehingga Anda bisa melihat pemandangan 7 puncak gunung, dan 5 kawah sisa letusan pada tahun 1560 dan 1797. Pemandangan puncak gunung yang Anda saksikan di sini ada Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Dataran Tinggi Dieng, Gunung Telomoyo, Gunung Ungaran, Gunung Merapi dan Gunung Lawu. Kawahnya sendiri juga ada Kawah Condrodimuko, Kawah Sambernyowo, Kawah Kombang, Kawah Kendang, dan Kawah Rebab.

Pendakian menuju puncak gunung Merbabu ini memakan waktu 14 jam bolak-balik dengan medan yang berliku, dimulai dari tengah malam agar bisa melihat pemandangan Matahari terbit. Tapi dijamin jika Anda sudah mencapai puncak, kelelahan yang dirasa akan hilang karena pemandangan yang Anda nikmati saat di puncak. Anda hanya membutuhkan Rp. 15,000 untuk masuk kedalam wisata Gunung Merbabu demi melihat pemandangan yang indah.

Telaga Biru, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat
Sumber: foresteract.com
Sumber: foresteract.com

Wisata trekking ini sangatlah cocok jika Anda ingin “mengasingkan” dari keramaian di kota. Di Taman Nasional ini Anda bisa memilih untuk pendakian karena ada dua gunung yang berdampingan, yaitu Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Selain menikmati pendakian, Anda juga dimanjakan dengan Telaga Biru yang indah, rawa, dan air terjun. Berjarak hanya 85 KM dari Bandung membuat gunung ini masih sangat mudah dijangkau. Hanya membutuhkan 2 jam untuk menuju ke Telaga Biru dan melanjutnya beberapa jam jika Anda masih ingin melanjutkan pendakian ke puncak gunung Pangrango.

Candi Selogriyo, Magelang
Sumber: tuguwisata.com
Sumber: tuguwisata.com

Jika Anda suka dengan sejarah dan tantangan, Candi Selogriyo sangat cocok untuk pendakian Anda. Candi yang terletak diatas puncak ini sangat membuat berkesan karena jalur pendakiannya yang akan membuat Anda cinta dengan tempat ini. Jalur yang melewati pedesaan yang membuat uniknya dibanding peninggalan hindu yang ditinggalkan.

Pemandangan indah dari atas puncak juga menjadi keindahan yang nggak kalah dari candinya sendiri. Perjalanan ini memakan waktu selama 2 jam bolak balik, namun belum termasuk pendakian Anda dari Candi Borobudur. Tiket masuk kedalam wisata ini terbilang murah, hanya membutuhkan Rp5,000 Anda sudah bisa menikmati keindahan candi dan pemandangannya.

Latest

View All