7 Internet Slang Indonesia yang Mungkin Bakal Masih Ada di Tahun 2019Source : Unsplash
i

7 Internet Slang Indonesia yang Mungkin Bakal Masih Ada di Tahun 2019

Internet slang Indonesia? Harus banget dibaca? Ya, kita sih nggak pengen ngajarin, tapi ini mungkin lumayan sering lihat di kala kita berselancar di internet. Internet slang secara harafiah diartikan sebagai bahasa baru yang digunakan oleh para “generasi muda” untuk membingungkan “generasi tua” menurut Urban Dictionary.

Well, kita sebagai generasi yang so called milenials juga udah terbiasa banget dengan budaya slang, meme, dan sarkas. Tapi, ya Fader rasa kita harus update, nih sama slang supaya nggak gampang terkecoh apalagi kalo kita warga internet yang “panasan”. Di 2012 ke atas, internet slang mungkin udah akrab dengan kata kata seperti ASL, just my 2 cent, i second that, dafuq itu yang berasal dari luar. Kalau internet slang indonesia era 2000an mungkin seperti se666an, kul or ckul or ker (ngerti?), puhlis, apeuuu, dan masih banyak lagi kosakata aneh yang mungkin sebagian dari kita adalah pengguna atau bahkan seorang pionir dari kata tersebut.


Tapi apakah  internet slang indonesia 2018 yang sering muncul di kolom komentar Instagram, Youtube, Facebook, atau bahkan meme post kayak di bawah ini?

Kerad

Kerad lahir dari komunitas mobile gaming yang punya budaya ceng-cengan yang sungguh menempa batin nggak peduli usia, gender atau jabatan. Kerad sendiri termasuk misstyping (salah ketik) dari kata KERAS tapi malah menjadi KERAD mau klik “S” malah jadi “D”. Entah bagaimana kemudian menjadi populer dikalangan pengguna medsos.

Arti: Kerad berarti keras atau savage, seringkali digunakan untuk mengomentari kondisi ataupun situasi di mana objek melakukan kegiatan yang dinilai “hebat” atau “berani banget”. Kata kerad seringkali disandingkan dengan kata "kau EEAAAAAA.” Yang sangat menyenangkan untuk dilafalkan dalam logat medan atau melayu.

KERAAAD KAU EAAAAA!!

kerad kau ea
kerad kau ea
Tubir

Tubir adalah kata terbalik yang sebenarnya bukan kata yang baru di pergaulan tahun 2000an. Hingga kini bahasa gaul teman-teman dari Malang yang suka membalik kata yang mereka gunakan. Namun, kata ini begitu populer di kalangan pengguna internet muda.

Arti: Tubir jika dibalik menjadi “ribut” dan artinya sungguh denotatif ribut atau berkelahi.

tubir wahyudi
tubir wahyudi
HP Ghoib

HP ghoib sudah termasuk jargon yang mungkin udah banyak banget bersliweran di berbagai kanal media sosial, khususnya buat para pecinta gadget murmer (merah merintih). HP ghoib nih, laptop ghoib nih, cewe ghoib nih!

Arti: HP Ghoib disematkan bagi smartphone yang seringkali sulit didapatkan di pasaran. Sering kali para distributor melakukan aksi marketing yang gencar tapi tidak melakukan distribusi yang merata di gerai penjualan smartphone itu sendiri. Gelar HP Ghoib ini sempat disematkan bagi HP Xiaomi Redmi Note 5, Xiaomi Pocophone F1, ASUS Max Pro M1, dan apakah hal itu bakal terjadi juga sama ASUS Max Pro M2?

hp ghoib
hp ghoib
Bukan kaleng-kaleng.

Kalau kata yang satu ini mungkin akan mengingatkan kita pada salah satu figur content creator yang ngocol dan agak ekstreme yaitu Maell Lee. Maell Lee dalam beberapa konten Youtube-nya menggunakan kata ini tiap kali menunjuk dirinya hebat.

Arti: Merujuk pada sebuah Kamus Bahasa Medan, bukan kaleng-kaleng dapat diartikan menjadi “Bagus, bukan barang palsu, bukan barang kw.” Gitu.

bukan kaleng-kaleng
bukan kaleng-kaleng
Nirfaedah

Mendengarnya seperti semacam teknologi yang keren tapi berbau bahasa arab, ya? Yap, udah jelas nirfaedah berasal dari kata faedah yang artinya kurang lebih bermanfaat. Tapi apalah sebenarnya kata nir- di depan faedah?

Arti: Nirfaedah adalah sebuah hal yang nggak ada manfaatnya sama sekali. Imbuhan nir- diambil dari kata nirkabel yang berarti “tanpa”. Slang internet ini biasa kita temukan di meme yang menggambarkan kehampaan sebuah action, lha, iya, wong nggak ada gunanya.

nirfaedah
nirfaedah
Ada yang mau nitip? Gue mau ke Ind*maret

Nah, ini bisa dimasukan dalam slang atau sekedar spam, ya? Coba kasih tahu kita via komen artikel ini, ya. Tapi satu hal bahwa komentar kayak gini ada banyak banget di semua kanal medsos. Dan komentar seperti ini umumnya muncul di kolom komen yang lagi ramai oleh berita viral atau pertikaian dua kubu yang tidak berujung, lho. 

Arti : Kalimat di atas dengan mudah dapat diartikan sebagai “BODO AMAT.” Tendensinya adalah meninggalkan jejak agar mudah untuk memantau pertikaian ataupun lebih mencairkan suasana ketegangan di dalam thread tersebut.

indomaret
indomaret
Skidipapap / Tuktangtungpo

Skidipapap sawadikap hohohihe atau mungkin tuktangtungpo (baca yang bener, ya) atau beberapa kata yang mungkin sulit diartikan dengan nalar yang sehat dan jasmani yang bugar, bisa jadi merupakan bagian dari kata ini. Skidipapap sendiri sudah menjadi term yang sangat umum digunakan di media sosial. Penasaran sama artinya?

Arti: Sidipapap bisa diartikan sebagai “berhubungan badan.”

skidipapap
skidipapap

Gimana udah paham kan? Kalau belom paham juga ya, nggak apa apa, nggak rugi juga, sih. Mungkin lo bisa temukan artikel yang lebih bermanfaat untuk panduan gaya pria lo di sini.  Meanwhile, lo mencari artikel yang lebih bermanfaat, ada yang mau dititip nggak? Gue mau ke Indosemar...

Latest

View All