Bingung sama Jenis-Jenis Minuman Beralkohol? Ini Panduannya!Ilustrasi Bingung sama Jenis-Jenis Minuman BeralkoholIni Panduannya
i

Bingung sama Jenis-Jenis Minuman Beralkohol? Ini Panduannya!

Saat ini, minuman keras sudah banyak beredar dan sudah biasa disediakan dalam berbagai acara. Tak hanya itu, bagi beberapa orang, alkohol pun jadi persediaan yang wajib, baik untuk kalangan muda maupun yang sudah mulai berumur.

Nah, minuman beralkohol sendiri punya banyak jenis yang mungkin masih membingungkan bahkan untuk peminumnya. Jenis minuman ini memiliki kategori berbeda-berbeda yang terbagi berdasarkan rasa, ciri khas, cara pembuatan, dan bahan-bahan dasar pembuatan minuman itu sendiri. Apa saja jenis-jenisnya? Langsung cek di sini.

Bir
Sumber: unsplash.com
Sumber: unsplash.com

Minuman beralkohol yang paling gampang ditemukan ini punya kadar alkohol yang terhitung rendah, yaitu sekitar 2,5-5%. Bir punya bahan dasar biji-bijian yang difermentasi, seperti barley, sorgum, gandum, beras, jagung, dan lain-lain. Istilah lain dari proses fermentasi bir ini disebut ‘brewing’. Bir juga memiliki banyak varian, mulai dari bikinan lokal maupun impor, serta berbagai rasa buah.

Wine
Sumber: unsplash.com
Sumber: unsplash.com

Berkelas dan mewah biasanya adalah kesan pertama yang ditangkap orang-orang dari minuman ini. Tak hanya diminum langsung, wine juga sering dijadikan bahan masakan untuk berbagai masakan daging. Minuman ini berasal dari anggur yang difermentasi dengan bantuan ragi Saccharomyces cerevesiae yang berlangsung selama berbulan-bulan hingga berpuluh-puluh tahun.

Vodka
Sumber: unsplash.com
Sumber: unsplash.com

Salah satu jenis minuman alkohol berat dan sangat populer di kalangan wanita. Vodka ternyata sudah diproduksi sejak abad pertengahan, terutama di negara-negara Eropa seperti Perancis dan Polandia. Vodka dihasilkan dari fermentasi kentang atau Serealia yang saat ini sudah banyak diproduksi di pabrik-pabrik modern yang dicampur dengan rasa yang bervariasi.

Cider
Sumber: unsplash.com
Sumber: unsplash.com

Tidak berbeda jauh dengan bir, cider juga punya sedikit kesamaan dengan wine yang biasa disebut apple wine. Cider merupakan hasil fermentasi dari sari buah apel dan ragi yang menghasilkan alkohol sekitar 13%.

Rum
Sumber: unsplash.com
Sumber: unsplash.com

Rum adalah minuman beralkohol yang merupakan hasil fermentasi dari sari tebu. Saat ini, rum dipasarkan di seluruh dunia. Hasil dari fermentasi ini menghasilkan kadar alkohol yang cukup tinggi, yaitu sekitar 37% sampai 40%.

Brandy
Sumber: unsplash.com
Sumber: unsplash.com

Jenis minuman yang sebenarnya jarang ditemukan di Indonesia ini sangat populer di negara bagian Eropa dan Amerika Serikat. Ternyata minuman ini terbuat dari hasil penyulingan wine yang menghasilkan alkohol sekitar 35-60%. Brandy biasa dinikmati setelah makan malam.

Tequila
Sumber: unsplash.com
Sumber: unsplash.com

Nama minuman ini berasal dari nama kota Tequila, Meksiko. Minuman keras ini tergolong unik karena bahan pembuatannya menggunakan tanaman ‘Blue Agave Tequilana’ atau ‘Agave Tequilana’ dengan bantuan mikroba. Warnanya bervariasi, tergantung pada kadar alkoholnya yang berada di kisaran 35% sampai 50%.

Whiskey/Bourbon
Sumber: unsplash.com
Sumber: unsplash.com

Terkenal sebagai minuman khas laki-laki, wiski punya banyak perbedaan yang membuatnya unik. Minuman ini terbuat dari hasil fermentasi biji-bijian untuk disuling dan dikemas. Yang membuat wiski spesial, hasil fermentasinya akan disimpan dalam gentong atau tong kayu khusus yang terbuat dari oak putih selama beberapa tahun, bahkan ada yang mencapai puluhan tahun. Oleh karena itu, kadar alkohol wiski sangatlah tinggi, mulai dari 40% sampai 65%.

Moonshine
Sumber: wordpress.com
Sumber: wordpress.com

Mungkin banyak di antara Faders yang belum familiar dengan Moonshine, namun minuman jenis ini sebenarnya ada di mana-mana. Moonshine sendiri adalah istilah dari minuman tradisional dari seluruh dunia yang mempunyai karakter yang berbeda-beda. Sebagai contoh, Indonesia punya berbagai minuman tradisional dengan ciri khasnya masing-masing seperti Ciu, Cap Tikus, Arak yang memiliki kandungan alkohol beragam, sekitar 20% sampai 60%.

Alcopops
Sumber: blogspot.com
Sumber: blogspot.com

Minuman yang punya kadar paling soft karena campuran antara minuman ringan dengan alkohol berkadar rendah seperti Mix Max, Smirnoff Lychee, dan banyak lagi. Karena hanya mengandung dua campuran tersebut, alkohol yang terdapat di dalam alcopops ini hanya mengandung 2,5% sampai 5% maksimalnya.

Latest

View All