Offroad : Dunia Kotor Yang Patut DicobaOffroad
i

Offroad : Dunia Kotor Yang Patut Dicoba

Offroad mainan kotor orang berduit banyak, Oh tidak! Yang modal niat aja juga bisa ngebangun mobil Offroad dengan budget yang tidak terlalu besar. Selain niat, coba belajar dulu sedikit tentang keunikan didalam proses ngebangun mobil offroad.

Pertama, Offroad itu punya banyak arti, tapi intinya Offroad itu mengendarai mobil diluar jalan. Yang dimaksud diluar jalan, bisa ditanah, air, gunung, pokoknya diluar jalanan aspal yang biasa kita hadapin sehari-hari. Pasti mikirnya ga sayang apa mobilnya lewat jalan ancur berlobang dan lumpur?. Justru itu seninya! Karena kita ngendarain mobil di alam bebas! Biasanya Offroader itu orangnya cinta alam banget sampe berani ngelewatin pake mobil mau gimanapun medan jalanannya, malah justru itu tantangannya bos!


Kalo denger kata Offroad pasti mikirnya butuh mobil gede yang bener-bener spesifikasinya memadai kaya yang kita liat di tv. Tapi coba jajal dulu aja, karena mobil Offroad itu bisa pake mobil jenis jeep biasa yang dimodifikasi ternyata! Modalnya? Yang pasti nggak bakal bikin miskin, demi hobi kudu diada-adain duitnya, masa laki nggak punya hobi?

Pilihan mobil sebenernya nggak terlalu ngaruh, sedikit berpengaruh sama kaki-kaki yang bakal dipasang karena nggak semua dasar mobil itu sama. Tapi berkat the power of Indonesia, apa aja bisa diakalin. Nah untuk pemula bisa coba beberapa mobil ini.

Suzuki Vitara Generasi Pertama (1988 - 1999)

Suzuki Vitara 1st Gen (1988 - 1999)
Suzuki Vitara 1st Gen (1988 - 1999)

Denger mobil Suzuki Vitara pasti tau banget kan dengan ciri khas jeep model kotak jaman dulu, sekarang pun masih sering ketemu dijalan. Mobil ini masih banyak dijual dipasaran dan yang pasti masih gampang banget ditemuinnya. Harga mobilnya juga masih terjangkau, kalau pinter-pinter nyari mungkin masih bisa dapat harga dibawah Rp. 60,000,000. Tapi kalau memang harga nggak masalah, mobil Vitara mulus masih bisa kita dapetin minimal Rp. 70,000,000 sampai Rp. 90,000,000.

Suzuki Jimny Generasi Kedua (1981 - 1998)

Suzuki Jimny 2nd Gen
Suzuki Jimny 2nd Gen (1981 - 1998)

Mobil lemah! Mobil Kaleng! Tapi jangan diremehin! Justru mobil ini malah jadi pilihan paling low budget dan paling bisa diapa-apain! Kecil-kecil cabe rawit! Nggak nyangka juga ya ternyata mobil ini jadi pilihan. Harganya juga ga mahal, kalau yang mobil bahan harganya mulai Rp. 28,000,000 doang! Seru kan? Tapi kalau mau terjamin bagus yang pasti mobil ini bisa sampe Rp. 70,000,000 harganya.

Daihatsu Taft

Daihatsu Taft
Daihatsu Taft

Awalnya mobil ini bener-bener banyak diremehin orang, apalagi nggak terlalu banyak yang minat pada jamannya. Tapi ternyata mobil ini bisa jadi kuat banget! Bisa dibilang mobil ini pinter untuk nanjak karena model body nya juga sangat mendukung. Harganya? Karena Taft jadi pilihan wajib para Offroader, harganya bisa dibilang stabil banget. Harganya kisaran Rp. 40,000,000 sampai Rp, 80,000,000. Kalau nemu Daihatsu Taft mau dijual, sikat! Karena mau gimanapun kondisinya, Daihatsu Taft pasti dilirik orang buat Offroad.

Jeep CJ 7

Jeep CJ 7
Jeep CJ 7

Nah ini nih! Kalo disinetron jaman dulu terkenal sama mobil penjahat. Kita bisa akuin kalau ini mobil gagah banget! Laki banget pokoknya kalo pake mobil ini, pedenya nggak ketahan! Bukan cuman Offroad aja, untuk mobil jalan-jalan aja mobil ini masih enak banget! Harganya? Ternyata mobil ini harganya jauh lebih stabil dari pilihan mobil Offroad lainnya!
Harganya bisa didapetin dari Rp. 80,000,000 sampe Rp. 120,000,000 ! Nggak nyangka mobil penjahat gini ternyata bisa sestabil itu, mungkin karena kekuatannya juga nggak bisa diremehin juga, ditambah bodynya yang kebuka, biasanya yang kebuka-buka gitu sexy pasti!

Setelah tau beberapa pilihan mobil Offroad yang low budget, langkah selanjutnya Modif!

Mesin

Jalanan Offroad yang nggak beraturan naik-turunnya pasti butuh mesin yang bisa ngedorong untuk jalan dijalanan Offroad. Pilihan mesinnya? Nggak masalah, yang penting cukup dapet mesin yang spesifikasinya cukup ngedorong Torsi yang tinggi untuk kekuatan nanjak. Masa mau lagi nanjak trus mundur karena nggak kuat, yang ada diketawain monyet dihutan! Tapi ada fakta yang bakal bikin tercengang nih! Salah satu Offroader dari IOX Yudi Suganda punya satu saran untuk mesin yang cukup untuk main Offroad. Percaya nggak percaya, ternyata bisa pake mesin Suzuki APV! Mesin mobil kotak roti bisa dipake Offroad? Aneh sih! Percaya nggak percaya, ini salah satu pilihan mesin yang Torsinya tinggi dan dipake untuk Offroad! Tapi jangan APV nya yang dipake Offroad ya! Yang ada pulang-pulang jadi roti gulung.

Ban & Suspensi

Ini nih yang paling penting. Nggak cuman butuh mesin yang kuat, tapi suspensi dan ban juga harus diganti! Daripada mobil kebalik jadi roti gulung karena memang mobilnya belum bisa dipake Offroad kan pusing nanti. Suspensi khusus Offroad banyak tersedia ditoko-toko mobil, apalagi banyaknya bengkel khusus Offroad sekarang udah makin dipermudah karena bengkel itu pasti nyediain barang-barangnya dimulai dari Shockbreaker, Suspensi dll. Selain suspensi yang diganti, ban yang dipake untuk Offroad juga ban khusus! Ukuran ban besar pasti dibutuhin yang ukurannya sekitar 29-32 Inch dan jenis bannya Mud Terrain, Super Swamper, Jeep service, Extra grip, dll. Setelah ngukur ban dimobil, jangan lupa juga untuk ngukur apa body harus ditinggiin untuk ngesupport ban besarnya? Karena ban besar pasti bakal makan tempat banget di Body, pasti udah tau karena yang gede-gede pasti makan tempat dan dijamin lebih enak dan asik...

Equipment

Kata siapa Offroad nggak butuh alat bantu? Bayangin aja kalau lagi trouble mobil nyangkut atau keselip ditanah, mau ditolongin pake apa? Aderai juga nggak bakal bisa angkat! Nah ini gunanya alat-alat pembantu yang harus dipasang untuk Offroad kaya Winch atau mesin penarik, Tali kuat yang pasti sekuat ngangkat mobil sendiri, dan yang wajib Roll Cage. Jangan remehin kekuatan Roll cage karena besi ini pelindung kita pas didalem mobil! Bayangin aja kalo kebalik-kebalik mobil kan bisa remuk jadi roti guling beneran deh! Roll Cage ini ngelindungin dari remuknya body mobil yang bakal ikut ngegepengin didalem! Banyak Offroader pasang Roll Cage diluar karena mobil Offroad cenderung punya Interior yang sempit, dan yang pasti dijamin sama amannya.

Gimana udah mulai kegoda? Hajar lah! Karena persiapannya nggak terlalu susah juga. Kalau diitung-itung, mungkin bakal ngeluarin uang Rp. 80,000,000 sampe Rp, 100,000,000. Kalo duit udah ada tapi belum yakin,kenalan sama anak-anak club Offroad buat cari ilmu atau bisa juga coba-coba punya temen dulu aja, abis dapet enaknya buru-buru ngebangun mobil Offroad tapi jangan lupa balikin mobil temennya.

Latest

View All