Peralatan Petualangan Offroad yang Harus Masuk List SobatCar Winch
i

Peralatan Petualangan Offroad yang Harus Masuk List Sobat

Bagi sobat yang suka dengan olahraga Offroad, maka diperlukan peralatan penting bagi pecinta offroad yang memadai. Hal tersebut agar memperlancar pelaksanaan olahraga offroad sobat. Offroad merupakan salah satu jenis olahraga ekstrim yang sedang naik daun di Indonesia, dengan dibuktikan banyaknya peminat tiap tahunnya.

Beruntung bagi sobat orang Indonesia, karena Indonesia menyimpan kekayaan alam dengan jalan-jalan yang ekstrim, yang membuat offroad mobil 4x4 semakin menarik dan menantang!  Perlu sobat ketahui, di Indonesia sudah ada federasi resmi yang membawahi olahraga ini, yaitu Federasi Offroad Indonesia. Para pecinta offroad biasanya akan semakin menggila jika menemukan medan yang semakin berat dan berbahaya.

Alat apa saja yang harus dibawa dalam olahraga offroad?

Selain memiliki mobil offroad terbaik sobat juga membutuhkan peralatan pendukungnya. Alat yang perlu sobat bawa biasanya tergantung pada berapa lama sobat akan menjalani offroad. Semakin lama tentu akan semakin banyak jumlah peralatan penting yang akan dibawa. Adapun beberapa peralatan yang perlu disiapkan, yaitu Strap. Strap berbentuk seperti tali yang sering digunakan dalam olahraga bungy jumping. Strap yang dipilih harus lentur dan elastis. Selain itu diperlukan juga helm, besi pengikat atau shackle, sauh permukaan atau ground anchor, sekop, cangkul, snatch block, dan lain-lain.

Medan offroad yang ekstrim membuat para offroader harus ekstra berhati-hati fad,  jika sobat salah pilih jalan dan kurang lihai, bukan tidak mungkin mobil offroad sobat akan terjebak di dalam kubangan, atau bahkan jatuh ke jurang. Jika mobil offroad terjebak dalam kubangan, biasanya mobil akan sangat sulit untuk keluar sehingga membutuhkan bantuan dari mobil lainnya. Bantuan dari mobil lain biasanya berupa tarikan dengan tali, dan itupun kemampuannya terbatas. Ada satu alat yang berfungsi untuk menarik mobil offroad yang sedang terjebak atau mogok, yaitu car winch.

Car Winch
Car Winch

Car winch ini biasanya dipasang pada bagian depan atau belakang mobil offroad. Car winch berfungsi untuk menarik mobil offroad keluar dari kubangan atau jalur berat. Salah satu jalur berat adalah tanjakan yang tinggi. Tidak jarang mobil offroad kesulitan untuk menaiki tanjakan tersebut. Dengan adanya car winch, tali pada car winch bisa dililitkan pada pohon yang ada disekitar. Mengandalkan tumpuan dari pohon car winch dapat menarik dan membuat mobil berhasil melewati tanjakan tersebut. Jangan sampai lupa alat ini, karena salah satu peralatan mobil yang harus dibawa dalam offroad sobat!

Ingin tips-tips menarik lainnya? Terus ikuti tulisan-tulisan di fader.id, website lifestyle pria Indonesia terpercaya.

Latest

View All