Tips Bikin Carport Alias Parkiran Mobil di Rumahilustrasi carport
i

Tips Bikin Carport Alias Parkiran Mobil di Rumah

Tahun baru, mobil baru? Pastikan tempat parkir di rumah sudah memadai sebelum beli mobil. untuk membuat tempat parkir mobil di rumah memang perlu perhitungan khusus. Sebelumnya mari kita telaah dulu jenis parkir mobil ini, misalnya antara garasi dan carport. Mana yang Anda pilih untuk diaplikasikan di rumah?

Kita mulai dari garasi, yakni tempat parkir mobil yang dibuat tertutup rapat. Model pintunya banyak, ada yang bisa dibuka tutup, geser lipat, maupun jungkit atas dan bawah.


Beberapa orang mengutamakan pembuatan garasi karena lebih aman dan dapat melindungi mobil dari cuaca yang berubah-ubah. Lantas, bagaimana dengan carport?

Secara definisi, carport atau emper mobil memiliki konsep yang sama dengan garasi hanya saja carport lebih terbuka bebas. Walau demikian, carport tetap dilengkapi atap dengan tujuan untuk melindungi kendaraan dari kondisi lingkungan sekitar.

Carport biasanya dibuat sedemikian rupa dan tidak sembarang lahan terbuka, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kedua pilihan di atas memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga harus bijak dalam memilihnya.

Saat lahan khusus untuk parkir mobil sedang dibangun, maka Anda mesti menaruh kendaraan di sekitar rumah dengan fasilitas seadanya, semisal halaman depan yang bukan bagian dari jalan. Setelah itu, lakukan pembangunan secara maksimal dengan memperhatikan hal berikut:

Mempertimbangkan luas parkir.

Luas parkir harus diseimbangkan dengan jenis mobil yang dimiliki. Ukuran mobil kecil biasanya berada pada rentang 2,4 x 4,8 meter persegi. Sementara untuk mobil minibus, Anda dapat membuat dengan ukuran 3 x 6 meter persegi.

Pilihan material lantai.

Pemilihan lantai dapat disesuaikan dengan material yang tepat. Pilihlah bahan dasar yang berpori kecil seperti granit atau keramik agar mudah saat dibersihkan.

Pendukung lainnya.

Ciptakan lahan yang sesuai dan tetap mengutamakan fungsi sebagai pelindung mobil. Pertimbangkan desain atap, warna, dan ukuran. Minimal ukuran carport harus mewadahi 1 mobil dan 1 motor dengan luas sekitar 3 x 5 meter persegi.

Latest

View All